Polisi Selidiki Rencana Terduga Teroris Hendak Lakukan Operasi saat 17-an

Meilikhah    •    14 Agustus 2015 14:24 WIB
terorisme
Polisi Selidiki Rencana Terduga Teroris Hendak Lakukan Operasi saat 17-an
Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso----Ant/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri terus mendalami rencana operasi dari tiga terduga teroris yang ditangkap di Solo pada Selasa 11 Agustus lalu. Polisi menduga, ketiganya hendak melancarkan aksinya saat peringatan HUT ke-70 RI.

"Masih dalam pendalaman. Tentunya kita antisipasi semua ya kaitannya dengan kemungkinan-kemungkinan nanti kita dalami," kata Kabareskrim Komjen Budi Waseso, di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (14/8/2015).

Terpisah, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pun terus mengingatkan seluruh jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama menjelang perayaan hari kemerdekaan.

"Kita sudah instruksikan saat apel Kasatwil kemarin, bahwa perlu diwaspadai memang dan masing-masing di wilayah meningkatkan pengamanannya baik di tempat-tempat umum, pusat-pusat perbelanjaan, termasuk juga anggota Polri yang melaksanakan tugas-tugasnya," kata Badrodin Haiti.

Meski mengaku belum mendapatkan laporan resmi hasil penangkapan dan penggeledahan terhadap IB, Y, dan G, Badrodin meyakini, ketiganya sudah merencanakan merakit bom.

"Mereka sudah merencanakan membuat bom," jelas Badrodin Haiti.


Densus menggeledah salah satu kios ponsel (MTVN.Phytag)

Berdasarkan informasi dari Humas Mabes Polri, ketiga terduga teroris merencanakan teror bom ke tiga lokasi, yakni gereja-gereja di Surakarta, Kuil Buddha Kepunton terkait pengungsi Rohingya, dan Polsek Pasar Kliwon dan polisi di wilayah Surakarta.

Sekadar diketahui, ketiga terduga ditangkap Densus 88 di Dukuh Gerdu RT02/RW 06 Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa lalu. Dari tangan ketiganya disita barang bukti 25 liter asam nitrat yang diduga digunakan sebagai bahan perakit bom. Tim juga mengamankan 21 alat switching dari empat lokasi penggeledahan. Salah satu yang digeledah adalah kios ponsel.


(TII)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

16 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /