JK Sebut MK RI Paling Sibuk

Suci Sedya Utami    •    15 Agustus 2015 12:19 WIB
mksimposium mk
JK Sebut MK RI Paling Sibuk
JK saat membuka Simposium Internasional Konstitusi di Istana Wapres---MTVN/Suci

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka simposium Internasional Konstitusi dalam rangka ulang tahun Mahkamah Konstitusi. Dalam pembukaan itu, lelaki yang akrab disapa JK itu menyebut MK Indonesia merupakan lembaga yang paling sibuk dan memiliki banyak aktivitas.

"MK di Indonesia paling sibuk dan banyak aktivitas judicial review, itu artinya banyak UU dan aturan-aturan di Indonesia," kata JK saat membuka Simposium Internasional Konstitusi dalam rangka ulang tahun MK, di Istana Wapres, Medan Merdeka Selatan, Sabtu (15/8/2015).

Menurut JK, Undang-undang (UU) merupakan produk hukum dari parlemen yang diisi partai politik. Lantaran itu, kata dia, bukan tak mungkin UU dibuat dengan alasan politik yang mementingkan kepentingan-kepentingan tertentu. Sehingga, MK punya tugas berat.

"Karena banyak kepentingan parpol, banyak hal-hal yang enggak sesuai, itulah tugas MK untuk perbaiki hal-hal yang enggak sesuai," terangnya.

Tak hanya paling sibuk, JK menyebut, MK juga lembaga yang powerful di negeri Ini. Sebab, MK yang diisi sembilan hakim konstitusi bisa mengubah UU yang dibuat 560 anggota DPR.

JK mencontohkan UUD 1945 yang telah diamandemen sebanyak empat kali. Pertama UU tersebut sangat singkat dengan 37 Pasal yang di dalamnya. Kedua pada tahun 1949, ketika Indonesia menjadi negara federal, UU tersebut menjadi UU Indonesia Serikat. Ketiga saat kembali ke negara kesatuan, diubah menjadi UU sementara. Dan yang terakhir tahun 1959 saat Indonesia kembali ke Dekrit Presiden kembali ke UUD 1945,

"Setelah reformasi, kita amandemen dan terbentuklah UUD 1945," pungkasnya.


(TII)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /