Wapres JK Buka Simposium Internasional MK

Kesturi Haryunani    •    15 Agustus 2015 13:55 WIB
mksimposium mk
Wapres JK Buka Simposium Internasional MK
foto: Suci Sedya Utami

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka simposium internasional Mahkamah Konstitusi. Acara dihadiri pimpinan MK atau lembaga sejenis dari 17 negara di kawasan Asia, Eropa, dan Afrika.

Menurut JK, MK merupakan lembaga powerfull yang memiliki peran besar dalam mengawal konstitusi di Tanah Air. Karena itu, hakim konstitusi merupakan orang-orang pilihan, berpengalaman dan memiliki integritas.

"Mahkamah Konstitusi di Republik Indonesia salah satu yang banyak sibuk dan aktivitas dan memenuhi harapan masyarakat atas judicial review," kata JK dalam acara di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Simposium internasional MK akan mulai digelar hari ini hingga besok, 15-16 Agustus, di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Terdapat tiga sesi perbincangan, yakni mengenai pengaduan konstitusional sebagai instrumen perlindungan hak dasar warga negara.

"Hari ini akan dibahas tentang constitutional complaint," kata JK saat memberi sambutan.

Tiga sesi yang kan dibahas dalan simposium internasional MK yaitu sesi pertama mengangkat tema pembicaraan mengenai pengaduan konstitusional sebagai instrumen perlindungan hak dasar warga negara. Sesi kedua mengangkat tema perspektif komparatif pengaduan konstitusional. Sedangkan sesi ketiga membahas masalah dan tantangan dalam penanganan kasus pengaduan konstitusional.

Selama ini, MK Republik Indonesia belum memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa pengaduan konstitusional. Namun, telah banyak permohonan perkara yang diajukan masyarakat ke MK RI.

Hadir mendampingi JK, Ketua MK Arief Hidayat, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan.




(LHE)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /