Manfaat Menyusui untuk Kesehatan Ibu

   •    15 Agustus 2015 13:58 WIB
kesehatan
Manfaat Menyusui untuk Kesehatan Ibu
Menyusui juga bermanfaat bagi ibunda. (Foto:regnancyandbaby.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa ibu tidak mau menyusui bayinya karena khawatir tubuhnya tidak ideal dan mungkin karena alasan sibuk atau ASI-nya tidak keluar. Ketahuilah para ibu, ASI sangat penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh bayi. 

Namun, tak hanya menguntungkan si bayi, menyusui juga bermanfaat untuk para ibu. Apa saja manfaatnya, berikut ulasannya.

- Berat badan
Menyusui mampu menurunkan berat badan setelah kehamilan. Akan ada banyak pengurangan lemak pada pinggul dan pinggang. Bentuk tubuh Anda akan seperti sedia kala sebelum kehamilan lebih cepat dengan menyusui.

- Tulang sehat
Perempuan memiliki risiko osteoporosis terutama ketika mereka berusia di atas 40 tahun. Kalsium dari tulang Anda kebanyakan akan menghilang karena penurunan kadar hormon selama menopause. Dan apabila Anda menyusui, Anda akan memiliki risiko yang sangat rendah terkena osteoporosis dan patah tulang.

- Mengurangi risiko kanker payudara
Menyusui mengurangi risiko kanker payudara hampir 25 persen. Risiko menurunnya karena durasi yang meningkat dari menyusui bayi. Apalagi jika Anda menyusui dalam jangka 6 bulan atau lebih, maka risiko terserangnya jauh lebih rendah lagi.

- Membantu menunda momongan
Kegiatan menyusui dapat menunda ovulasi. Mengapa? Itu karena menyusui bertindak sebagai kontrasepsi alami. Waktu selama Anda menyusui bayi Anda, akan menjadi periode infertilitas untuk Anda. Jadi, jika Anda tidak ingin cepat-cepat memiliki bayi lagi, solusinya adalah dengan menyusui si kecil.

- Meredakan stres
Menyusui tidak hanya baik untuk kesehatan fisik ibu tetapi juga untuk kesejahteraan emosionalnya juga. Ibu yang menyusui bayi mereka akan selalu merasa santai dan mental terasa lebih tenang. Dan Anda juga akan jarang terserang kecemasan postpartum atau kecemasan setelah melahirkan.

- Mencegah uterine dan kanker ovarium
Bila Anda menyusui bayi Anda, tingkat estrogen dalam tubuh Anda turun. Hal ini untuk mencegah risiko kanker rahim dan  ovarium. Sebab, menurut penelitian estrogen wanita telah dikaitkan dengan penyakit mematikan tersebut.

- Lebih ekonomis
Tindakan menyusui itu gratis, berbeda dengan susu formula yang membuat Anda mengeluarkan kocek lebih banyak. Lagipula, ASI itu jauh lebih sehat untuk bayi Anda ketimbang dengan susu formula. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /