Alternatif Susu yang Sehat Selain Susu Sapi

   •    15 Agustus 2015 14:40 WIB
Alternatif Susu yang Sehat Selain Susu Sapi
susu kedelai memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. (Foto:dailyburn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dulu, susu itu hanya berasal dari sapi. Kemudian ada alternatif lain dari susu kambing. Tapi, saat ini sudah banyak susu yang tersedia dalam bentuk apapun di toko-toko. Anda hanya tinggal memilih susu apa yang Anda inginkan. 

Namun, Anda juga perlu hati-hati untuk mengetahui berapa kadar laktosa susu yang Anda minum. Berikut beberapa susu alternatif dan kandungannya.
 
1. Susu almond

Salah satu alternatif terbaik dari susu adalah susu almond. Dosis dalam susu almond memberikan kalsium yang tepat untuk kebutuhan tubuh Anda. Rasa susu almond biasanya sangat khas namun apabila sudah dalam bentuk cairan, rasanya tidak terlalu menyengat di mulut. 

Kalori: 35 (tanpa gula)
Lemak jenuh: 2.5 gram
Kalsium: 45% RDV

2. Susu kedelai

Susu kedelai sangat cocok untuk orang yang gemar membuat smoothie. Susu jenis ini memiliki sedikit rasa manis dan setelah meminumnya, rasanya akan tahan lama di mulut Anda.

Kalori: 80
Lemak jenuh: 0.5 gram
Kalsium: 30% RDV

3. Susu beras

Meskipun tidak terlalu terkenal, susu beras bisa menjadi alternatif susu yang baik untuk sarapan sereal Anda di pagi hari. Kaya akan rasa yang semi manis ini sangat cocok untuk Anda coba dengan campuran makanan apapun.

Kalori: 120
Lemak jenuh: 0.5 gram
Kalsium: 2% RDV

4. Susu rami

Susu rami terbuat dari biji rami yang dihaluskan, dicampur dengan air, lalu disaring. Susu rami adalah varietas lain yang menawarkan rasa sedikit pedas dan juga memiliki tekstur berair yang sangat tipis. Akan lebih nikmat jika Anda kombinasikan dengan kentang tumbuk halus.

Kalori: 80
Lemak jenuh: 0.5 gram
Kalsium: 30% RDV

5. Susu kelapa

Bisa dikatakan bahwa air kelapa adalah raja alternatif untuk memasak susu. Kaya akan rasa yang sedikit asam cocok untuk membuat kari Thailand.

Kalori: 45
Lemak jenuh: 0.0 gram
Kalsium: 10% RDV

6. Susu oat

Susu oat merupakan susu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membuat pancake. Rasa manisnya yang kaya membuat susu oat memiliki perbedaan ketimbang susu lainnya. Bahkan susu oat mengandung lebih banyak kalsium dari susu sapi.

Kalori: 130
Lemak jenuh: 0.0 gram
Kalsium: 35% RDV

7. Susu kambing

Susu kambing dikenal dengan rasa yang sedikit lebih manis daripada susu sapi. Dan susu jenis ini menjadi pilihan yang sangat bagus untuk membuat yoghurt. Susu kambing sangat bagus untuk membuat otot semakin kuat.

Kalori: 150
Lemak jenuh: 0.05g
Kalsium: 30% RDV


(Sumarni/ Allwomenstalk)
(LOV)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /