Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Bukit Wilayah Perbatasan

Carlessius Kolo    •    15 Agustus 2015 15:39 WIB
hut ke-70 ri
Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Bukit Wilayah Perbatasan
Siswa SD membawa bendera untuk mengikuti upacara di sekolah mereka yang berjarak 10-15 kilometer di Desa Looluna, Belu, NTT, Kamis (4/7/2013). Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Timor Tengah Utara: Sebuah bendera raksasa berukuran 5x3 meter berkibar di puncak bukit Nainaban, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Bukit itu berbatasan langsung dengan Districk Oecusse, Timor Leste.

Pengibaran bendera dilakukan untuk menyambut hari ulang tahun ke-70 Kemerdekaan RI. Satu regu dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste, Batalyon 744/SYB, melibatkan warga kampung sekitar untuk mengibarkan bendera itu.

Pengibaran bendera berlangsung khidmat dengan terlebih dulu dilakukan upacara. Jangan membayangkan upacara yang dilakukan diikuti peserta yang beratribut lengkap. Mereka melakukan upacara secara sederhana.

Masyarakat desa perbatasan, sebagai peserta upacara, hanya berpakaian seadanya. Berselimut kain adat usang dan bercelana pendek tanpa alas kaki.

Kegiatan ini menjadi kebanggan tersendiri bagi warga yang mengikutinya. Saat memberi penghormatan tertinggi kepada sang saka merah putih yang dikibarkan di ujung teratas batang bambu sepanjang 25 meter, masyarakat terlihat bangga.

Sebelumnya, tiang bambu yang menjadi penopang bendera diusung bersama-sama TNI dengan masyarakat Desa Nainaban. Perjalanan ditempuh sejauh 2,5 kilometer dengan cara mendaki bukit.

Semua proses pengibaran juga melibatkan tokoh ada setempat dan sejumlah sejumlah pelajar. "Pengibaran bendera bersama masyarakat setempat menunjukkan bahwa ada kerja sama yang baik antara TNI dan warga di daerah perbatasan," kata Komandan Pos Baen, Kecamatan Bikomi Nilulat, Letda Muslih, Sabtu (15/8/2015).

Muslih menambahkan pengibaran bendera merah putih ini merupakan wujud cintanya masyarakat perbatasan terhadap NKRI. Sekaligus memupuk rasa nasionalisme warga desa perbatasan dalam menyambut kemerdekaan RI.


(UWA)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /