Puluhan Ribu Balita di Brebes Kekurangan Gizi

Kuntoro Tayubi    •    15 Agustus 2015 16:47 WIB
kemiskinan
Puluhan Ribu Balita di Brebes Kekurangan Gizi
Ilustrasi bayi sehat, Ant

Metrotvnews.com, Brebes: Kemiskinan mengakibatkan 360 ribu dari 1,77 juta warga di Brebes, Jawa Tengah, mengalami kekurangan gizi pada 2014. Sebanyak 20,27 persen masih berusia balita.

"Angka itu terbilang tinggi," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Jumat (14/8/2015).

Menurut Djoko, kondisi itu terjadi bukan masalah keturunan. Tapi mereka tak mendapat asupan gizi yang buruk. Djoko mengatakan tinggi tubuh anak-anak di Brebes lebih rendah ketimbang angka normal.

Lantaran itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menerima tawaran Unicef untuk melakukan intervensi gizi pada ribuan bayi usia di bawah tiga tahun di.  Pemkab menganggap kerja sama itu sejalan dengan rencana aksi pangan dan gizi pada 2015.

Menurut Konsultan Unicef untuk Pendamping Keluarga Harapan (PKH) Prestasi Nasional, Avita Usfar, mengatakan program tersebut berjalan di 35 desa di 5 kecamatan di Brebes, yaitu Wanasari, Bulakamba, Tonjong, Jatibarang, dan Ketanggungan.

"Kegiatan akan dilakukan hingga akhir Maret 2016," kata Avita.

Kegiatan itu, kata Avita, berlangsung mulai Juli 2015. mencakup lima hal. Di antaranya pemberian makanan bayi dan anak (PMBA) bagi bidan, tenaga gizi, dan kader; Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Kesehatan dan Gizi bagi Pendamping PKH; pengelolaan kelompok bagi ibu ketua kelompok PKH, tokoh agama, dan jurnalis warga.


(RRN)


<i>Real Madrid Jangan hanya Bergantung kepada Ronaldo </i>
Real Madrid 2017--2018

Real Madrid Jangan hanya Bergantung kepada Ronaldo

2 hours Ago

Real Madrid akan bertandang ke markas Bayern Muenchen pada 26 April nanti untuk leg pertama sem…

BERITA LAINNYA
Video /