PWI Jatim: Bila Berita Pilkada Sepihak, Jangan Ragu Mengingatkan

Amaluddin    •    15 Agustus 2015 17:30 WIB
pilkada serentak
PWI Jatim: Bila Berita Pilkada Sepihak, Jangan Ragu Mengingatkan
Logo Persatuan Wartawan Indonesia Indonesia

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Akhmad Munir, menyatakan siap membantu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengawasi Pilkada di 19 kabupaten/kota. Munir juga mengimbau awak media bersikap adil, seimbang, dan independen menyebarkan berita sesuai jurnalistik juga beretika.

"Pers dan Bawaslu memiliki semangat sama, yakni mengawasi proses politik menjadi jujur, aman dan berkualitas," ujar Munir usai menghadiri rapat koordinasi sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidik (LPMP) Jatim, Jalan Ketintang Surabaya, Sabtu (15/8/2015).

Munir menjelaskan pers berperan sebagai sarana pendidikan politik yang baik, menjaga independensi, serta bersikap kritis. Begitu juga dengan Bawaslu di tingkat provinsi maupun Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) di tingkat kabupaten/kota juga memiliki aturan dan regulasi dalam melaksanakan tugasnya.

"Pers sudah memiliki aturan tentang bagaimana menulis berita, khususnya terkait Pilkada serentak se-Indonesia. Bahkan Dewan Pers telah mensosialisasikan agar terlaksananya Pilkada yang jujur, adil dan damai, dengan cara menyebarkan informasi dan menghasilkan karya jurnalistik yang betul-betul profesional," jelasnya Munir.

"Jika melihat pers memberitakan secara sepihak, jangan ragu mengingatkan, bahkan mengadukannya ke Dewan Pers," pinta Munir kepada warga.

Untuk itu, Munir berharap kepada komisioner Panwaslu di 19 kabupaten/kota yang daerahnya menyelenggarakan Pilkada serentak, 9 Desember 201, lebih hati-hati dalam menyampaikan pendapat karena rawan dimanfaatkan kelompok tertentu.

"Pilkada sangat berpotensi tendensius dan ditunggangi maka Panwaslu dan pers harus bersikap sama, yakni berpatokan pada fakta," tandasnya.


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /