Surat Permintaan Raskin Diajukan Sebelum Pilkada Serentak

Antara    •    16 Agustus 2015 14:54 WIB
bulog
Surat Permintaan Raskin Diajukan Sebelum Pilkada Serentak
Ilustrasi beras ANT/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Tanjungpinang: Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mendesak pemerintah kabupaten/kota setempat mengajukan surat permintaan raskin sebelum pilkada serentak agar tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik.
  
"Kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Tanjungpinang, Lingga, Bintan, Kepulauan Anambas dan Natuna agar raskin disalurkan sebelum pilkada 9 Desember 2015. Ini dapat mencegah pemanfaatan raskin untuk 
kepentingan politik," kata Kepala Bulog Subdivisi Regional Tanjungpinang Edy Hanif di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Minggu (16/8/2015).

Menurut dia, peluang pemanfaatan raskin untuk kepentingan politik menjelang pilkada cukup besar. Hal itu disebabkan tidak semua warga yang menerima raskin memahami bahwa raskin merupakan beras yang disubsidi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini beras yang disubsidi pemerintah, dijual dengan harga Rp1.600 per kg untuk kepentingan masyarakat miskin. Jadi tidak ada kaitannya dengan kandidat pilkada sehingga masyarakat tidak perlu merasa terutang budi," ujarnya.

Sementara itu, terkait Hari Ulang Tahun ke-70 RI dan kegiatan BUMN secara nasional yang mengusung tema "BUMN Untuk Negeri", Bulog Tanjungpinang tidak melakukan kegiatan khusus. Bulog Tanjungpinang justru fokus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni mempercepat distribusi raskin di Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Kepulauan Anambas. Bulog Tanjungpinang berharap seluruh raskin 2015 disalurkan paling lambat November 2015 atau sebelum pelaksanaan pilkada.

Sisa raskin 2015 yang belum didistribusikan pada lima daerah tersebut sekitar 2.000 ton. "Kalau bisa lebih cepat, Oktober sehingga November-Desember 2015 kami tinggal menyelesaikan proses administrasi," ucapnya.

Saat ini, Bulog Tanjungpinang mempersiapkan penyaluran raskin seberat 650 ton untuk rumah tangga penerima manfaat di Tanjungpinang dan Bintan. Beras tersebut diproduksi petani Sulawesi Selatan yang pendistribusiannya ke Tanjungpinang melalui Gudang Bulog Dumai. 

"Beras itu disalurkan bulan ini," ujarnya.



(SAW)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /