Lautan Pendemo Desak Presiden Brasil Mundur

Willy Haryono    •    17 Agustus 2015 11:51 WIB
politik brasil
Lautan Pendemo Desak Presiden Brasil Mundur
Ratusan ribu pendemo di Sao Paulo, Brasil, Minggu (16/8/2015), mendesak Presiden Dilma Rousseff mundur dari jabatannya. (Foto: AFP / Miguel Schincariol)

Metrotvnews.com, Brasilia: Ratusan ribu pendemo mendesak Presiden Brasil Dilma Rousseff segera mundur dari jabatannya. Sang presiden dan partainya, Partai Pekerja, dituding melakukan korupsi sehingga memicu resesi di Brasil. 

Massa menyanyikan lagu nasional Brasil dan meneriakkan "Dilma keluar!" di ibu kota Brasilia, Rio De Janeior, Sao Paulo dan kota lainnya di Brasil. 

Walau jumlahnya belum pasti, situs berita G1 mengutip pernyataan polisi yang memperkirakan jumlah pengunjuk rasa mencapai 866 ribu. 

Sementara beberapa penyelenggara acara mengklaim total pendemo mencapai 1,9 juta, termasuk satu juta di Sao Paulo. Versi resmi polisi di kota ini hanya 350 ribu. 

Ini adalah demo besar-besaran ketiga terhadap Rousseff pada 2015. Sekitar 600 ribu pengunjuk rasa turun ke jalanan Brasil pada April dan satu juta orang satu bulan sebelumnya. 

Kurang dari setahun di periode kedua kepemimpinannya, Rousseff menjadi 'sasaran empuk' banyak politisi dan warga. Pejabat oposisi menjalankan proses impeachment terhadap sang presiden, sementara warga terus mengecam skandal korupsi perusahaan minyak negara Petrobas. 

Rousseff, mantan gerilya partai sayap kiri, menilai ancaman impeachment sebagai plot kudeta dan bersikukuh tidak akan bisa dijatuhkan dari jabatannya. 

Tadi malam, juru bicara presiden Edinho Silva mengatakan "pemerintah menilai demonstrasi terbaru ini sebagai bagian dari demokrasi normal."



(WIL)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

11 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /