Pertamina Tidak Anjurkan Pengguna Pertamax ke Pertalite

Antara    •    17 Agustus 2015 18:18 WIB
pertamax
Pertamina Tidak Anjurkan Pengguna Pertamax ke Pertalite
SPBU Pertamina Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Semarang: PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng-DIY tidak menganjurkan pengguna pertamax pindah ke pertalite.

"Kalau pindah itu artinya turun kualitas, tindakan tersebut dapat menurunkan performa kendaraan," kata External Relation Manager PT Pertamina MOR IV Roberth MV Dumatubun di Semarang, Senin (17/8/2015).

Menurutnya, pertalite baik digunakan untuk kendaraan produksi baru namun dengan ukuran mesin yang tidak terlalu besar.Dia mencontohkan kendaraan 'matic' yang menggunakan pertamax dan pindah ke pertalite akan mengalami penurunan peforma.

“Jadi tidak bisa berjalan cepat," katanya.

Mengenai pertalite, pihaknya justru berharap dari masyarakat yang biasa menggunakan premium agar segera berpindah ke bahan bakar minyak (BBM) jenis baru tersebut.

Untuk keunggulan pertalite dibandingkan dengan premium adalah lebih irit penggunaan. Sebagai gambaran, jika menggunakan pertalite jarak tempuh perjalanan lebih jauh 1 kilometer (km) dibandingkan dengan premium.

Sebelumnya, Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) Afandi mengatakan mengenai kemungkinan keberadaan pertalite yang akan menggantikan premium, pihaknya memastikan hal tersebut tidak akan terjadi.

"Pertalite ini hanya untuk menambah varian, untuk mobil baru mewah kita siapkan pertamax plus dengan RON 95, untuk mobil baru menengah kita siapkan pertamax RON 92, sementara mobil-mobil lama kita siapkan RON 90, inilah yang dimiliki oleh pertalite," katanya.

Pihaknya mempersilakan masyarakat luas untuk memilih. Pada dasarnya, pertalite dijual hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama yang memiliki kendaraan dengan spesifikasi bahan bakar RON 90.



(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /