Rilis Data Makro, Ada Harapan Rupiah Kembali Bangkit

Dian Ihsan Siregar    •    18 Agustus 2015 08:55 WIB
kurs rupiah
Rilis Data Makro, Ada Harapan Rupiah Kembali Bangkit
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Laju nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) melemah Tidak usai presiden membacakan nota keuangan dan RAPBN 2016 pada akhir pekan kemarin.

"Mungkin saja kondisi tersebut kebetulan berbarengan antara pidato Presiden dengan imbas masih adanya kekhawatiran akan devaluasi lanjutan dari yuan dan kekhawatiran akan jadinya The Fed menaikkan suku bunganya. Padahal pidato Presiden tersebut cukup optimistis di tahun depan ekonomi Indonesia akan lebih baik," ucap Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang ‎diterima Metrotvnews.com, Selasa (18/8/2015).

Dia menyebutkan, ‎imbas dari kekhawatiran devaluasi lanjutan yuan, dan masih melemahnya sejumlah harga komoditas membuat laju USD tak terbendung. Alhasil, laju rupiah pun kembali terlibas. Di samping itu, pelemahan mata uang Garuda ini juga diperparah dengan rilis negatif kembali defisitnya neraca pembayaran Indonesia sebesar USD2,93 miliar.

Sebelumnya Reza menyampaikan tampaknya sentimen dari tertahannya devaluasi yuan dapat mengangkat rupiah. Meski baru bersifat sentimen, tapi cukup membuat rupiah menguat. Tentunya dia berharap penguatan tersebut dapat berlanjut.

Rupiah pun berada di bawah target support Rp13.753 per USD. Menurut Reza, kembali melemahnya rupiah memupus harapan akan ada perbaikan usai perayaan Kemerdekaan Indonesia. Dia berharap, dari rilis data-data makro dapat menahan pelemahan tersebut. Jika tidak, investor diminta untuk mewaspadai adanya potensi pelemahan lanjutan.

Tetap mengantisipasi waspadai pelemahan lebih lanjut, lanjut dia, serta mencermati setiap sentimen dan berita yang dirilis. "Dalam satu hari ini laju Rupiah akan berada di level Rp13.777-Rp13.754 per USD (kurs tengah BI)," pungkas Reza.


(AHL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /