Ledakan Kuil di Bangkok

Tim Penjinak Bom Sisir Lokasi Ledakan Bangkok

Willy Haryono    •    18 Agustus 2015 09:33 WIB
ledakan bangkok
Tim Penjinak Bom Sisir Lokasi Ledakan Bangkok
Sebuah motor yang hangus terbakar di lokasi ledakan bom di luar Kuil Erawan, Bangkok, Thailand, Senin (17/8/2015) malam. (Foto: AFP / AIDAN JONES)

Metrotvnews.com, Bangkok: Tim penjinak bom menyisir lokasi ledakan dahsyat di luar sebuah kuil ternama di Bangkok, Thailand, Selasa (18/8/2015) dini hari waktu setempat. 

Ledakan bom ini menewaskan sedikitnya 21 orang dan melukai 123 lainnya, termasuk beberapa wisatawan asing. Saat matahari mulai terbit pagi tadi, tim penjinak bom Thailand mengambil banyak foto untuk mencari petunjuk. 

"Bom diledakkan untuk membunuh sebanyak mungkin orang saat kuil itu ramai dipadati pengunjung sekitar pukul 6 hingga 7 malam," ujar juru bicara kepolisian Bangkok, Prawut Thavornsiri kepada AFP

"Korban tewas saat ini 21 dengan 123 lainnya terluka, 14 meninggal dunia di lokasi," sambung dia, yang memperkirakan kekuatan ledakan setara tiga kilogram bahan peledak. 

Otoritas Thailand mengatakan ledakan kemungkinan besar ditujukan bagi warga asing, karena adanya korban tewas asal Tiongkok, Hong Kong dan Filipina. Singapura dan Taiwan melaporkan warganya di Bangkok tidak terluka. 

Area ledakan, yang berlokasi di persimpangan utama dengan deretan hotel bintang lima dan mal mewah, ditutup rapat sejak dini hari. Warga dan wisatawan diminta menjauhi lokasi. 

Hingga saat ini belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas ledakan yang terjadi Senin malam, pukul 19.00 waktu setempat.

Panglima Angkatan Darat Thailand Jenderal Udomdej Sitabutr menyebut ledakan yang terjadi di Bangkok, tidak sesuai dengan taktik yang digunakan separatis Muslim di wilayah selatan.

"Ini tidak sesuai dengan insiden yang kerap terjadi di Thailand selatan. Tipe bom yang digunakan juga tidak sesuai," ujar Udomdej. 

Thailand selatan merupakan provinsi yang kerap bergejolak dengan pergerakan separatis Muslim. Sejak 2004, sekitar 6.500 orang tewas dalam gejolak keamanan tersebut. 



(WIL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /