Sidang Praperadilan Kaligis Resmi Bergulir di PN Jaksel

Deny Irwanto    •    18 Agustus 2015 11:51 WIB
oc kaligis tersangka
Sidang Praperadilan Kaligis Resmi Bergulir di PN Jaksel
Suasana sidang praperadilan----MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang perdana praperadilan yang diajukan pengacara senior Otto Cornelis Kaligis digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini. Kaligis menggugat penangkapan dan penetapan dirinya sebagai tersangka di KPK.

Pantauan Metrotvnews.com, Selasa (18/8/2015), sidang Kaligis yang menggugat KPK dimulai sekitar pukul 11.00 WIB di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya.

Kuasa hukum Kaligis, seperti Humphrey Djemat, Johnson Panjaitan dan beberapa kuasa hukum lainnya telah menempati kursi yang berada di hadapan hakim tunggal Suprapto.

Sementara dari KPK selaku pihak termohon, nampak Plt Kepala Biro Hukum KPK, Nur Chusniah, Rasamala Aritonang serta beberapa anggota lainnya.

Dalam sidang kali ini, kubu Kaligis dijadwalkan membacakan gugatan atas penetapan tersangka serta proses penangkapan yang dinilai tidak sesuai dengan prosedur hukum oleh Kaligis.

Kaligis resmi mengajukan gugatan praperadilan tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 27 Juli 2015. Praperadilan Kaligis terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Selain mempermasalahkan penangkapan dan penetapan tersangka, kuasa hukum Kaligis juga mempermasalahkan adanya isolasi terhadap ayah dari Velove Vexia tersebut, yang meyebabkan hak-hak dasar Kaligis yang seharusnya dapat bantuan hukum, bertemu keluarga dan advokat tidak bisa dilaksanakan.

Kaligis resmi menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan. Kaligis diduga melanggar Pasal 6 Ayat 1 huruf a dan Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2010 jo Pasal 64 Ayat 1 Jo. Pasal 55 ayat 1 KUHPIdana.


(TII)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /