Pesan Ketum Kagama Buat Maba UGM

Patricia Vicka    •    18 Agustus 2015 12:02 WIB
masyarakat ekonomi asean 2015
Pesan Ketum Kagama Buat Maba UGM
Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama), Ganjar Pranowo saat berbincang dengan mahasiswa baru UGM, Yogyakarta, Selasa (18/8/2015). (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tantangan generasi muda Indonesia makin berat, harus bisa bersaing di kancah internasional. Yang paling dekat, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun ini. Generasi muda Indonesia mau tak mau harus bersaing dengan sumber daya manusia dari negeri-negeri tetangga.

"Cara utama untuk bisa menang di MEA adalah menguasai bahasa asing. Dengan bahasa, mudah berkomunikasi dengan siapa pun," ujar Ganjar Pranowo, Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) saat memberi pidato dalam acara Pelatihan Pembelajaran Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Selasa (18/8/2015).

Selain bahasa asing,  Gubernur Jawa Tengah ini mengimbau mahasiswa UGM terus berkarya dan berprestasi. Perlunya, untuk menjaga nama baik UGM dan bangsa di tengah persaingan global.

"Salah satu cara mencintai Indonesia adalah dengan integritas dan karya. Teruslah berprestasi untuk mengharumkan UGM dan Indonesia," ucap alumni Fakultas Hukum UGM ini.

Ganjar berpesan agar mahasiswa UGM terus belajar dan mengoptimalkan pengembangan sumber daya di Indonesia. Mahasiswa dan lulusan UGM harus mampu mempertahankan reputasi baik kampus yang berdiri sejak 19 Desember 1949 itu. 

"Reputasi Gajah Mada harus dilestarikan. Kita sekarang harus menguasai sumber daya yang ada untuk kita manfaatkan demi kemajuan bangsa. Misalnya energi matahari yang terus ada di Indonesia, bisa dimanfaatkan jadi sumber listrik," kata politikus PDI Perjuangan tersebut.


(SAN)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /