Semester I-2015, Realisasi Belanja APBD Kalteng Paling Tinggi

Eko Nordiansyah    •    18 Agustus 2015 13:17 WIB
apbd
Semester I-2015, Realisasi Belanja APBD Kalteng Paling Tinggi
Ilustrasi Serapan Anggaran ANT/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai provinsi yang paling besar penyerapan realisasi belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sampai dengan semester I-2015.

"Paling tinggi itu Kalteng 43,8 persen, kemudian Kalsel (Kalimantan Selatan) dengan 35,5 persen dan Jawa Timur (Jawa Timur) 34,5 persen," ujar Direktur Pendapatan Daerah Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan di Permata Kuningan, Jalan Kuningan Mulia, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015).

Dirinya menambahkan, realisasi belanja provinsi DKI Jakarta pada  semester I-2015 baru 19,5 persen. Sementara provinsi dengan penyerapan anggaran belanja APBD yang paling rendah adalah provinsi Riau.

"DKI Jakarta baru 19,4 persen. Sementara yang paling kecil penyerapannya itu Riau 11,2 persen," sambung dia.

Secara keseluruhan, rata-rata realisasi belanja APBD di tingkat provinsi baru mencapai 25,9 persen. Sedangkan rata-rata realisasi belanja APBD di tingkat Kabupaten/Kota baru mencapai 24,6 persen. "Harusnya sudah bisa 50 sampai 60 persen, tapi kenyataan di lapangan baru segitu," terangnya.

Masih menurut Maurits, rendahnya penyerapan anggaran di pemerintah daerah, salah satunya disebabkan oleh ketakutan para pemimpin daerah akan tersangkut masalah hukum jika terjadi penyelewengan terhadap dana APBD, sehingga menyebabkan penyerapan anggaran belanja pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masih terbilang rendah.

"Karena kepala daerah banyak yang terkena masalah hukum maka itu terkorelasi rendahnya penyerapan daerah, banyak yang takut makanya penyerapan itu masih rendah," pungkas dia.



(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

59 minutes Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /