BI Berencana Perketat Aturan Pembelian Valas

Eko Nordiansyah    •    18 Agustus 2015 18:37 WIB
bank indonesia
BI Berencana Perketat Aturan Pembelian Valas
Gubernur BI Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) berencana akan memperketat aturan pembelian valuta asing (valas), yakni dari sebelumnya diatur transaksi di atas USD100 ribu diturunkan menjadi USD25 ribu.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, selama ini pembelian di atas USD100 ribu dalam sebulan baru diwajibkan memakai underlying transaction (jaminan dasar). Nantinya, akan dibahas mengenai pengetatan aturan pembelian valas tersebut.

"Untuk pembelian valuta asing, kami selama ini mengatur yang sampai di atas USD100 ribu pembelian dalam sebulan baru memakai underlying transaction (jaminan dasar) dan itu kami ubah di atas USD25 ribu," kata Agus, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2015).

Ia menambahkan, nantinya pembelian baik untuk perorangan maupun perusahaan di atas USD 25ribu harus dilengkapi juga dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) selain daripada kewajiban menyertakan underlying transaction.

Sejauh ini, lanjut Agus, aturan pengetatan tersebut memang masih dibahas oleh BI. Nantinya, kewajiban tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk penyesuaian peraturan. "Itu juga dikeluarkan dalam penyesuaian PBI (Peraturan Bank Indonesia)‎ yang nanti akan disampaikan," pungkas dia.


(ABD)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

4 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /