Ekspor-Impor Lesu, Menkeu: Kita Harap Manufaktur Tetap Jalan

Husen Miftahudin    •    18 Agustus 2015 19:37 WIB
ekspor impor
Ekspor-Impor Lesu, Menkeu: Kita Harap Manufaktur Tetap Jalan
Menkeu Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, lemahnya kinerja ekspor Indonesia selama kurun waktu lima tahun disebabkan oleh lesunya kondisi global saat ini. Sedangkan pelemahan nilai impor, terpengaruh dari kurs rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Kita harap manufaktur tetap jalan dengan meningkatkan produksi dalam negeri," ujar Bambang, ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2015).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini Pemerintah Indonesia tak lagi mengandalkan ekspor-impor. Sehingga lemahnya kinerja ekspor dan impor sekarang belum berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Kita lihat nanti di dampaknya (manufaktur) pada pertumbuhan ekonomi. Kan sekarang kita tidak andalkan impor ekspor lagi," tegas Bambang.

Sekadar diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, kinerja perdagangan Indonesia pada Juli 2015 mengalami surplus sebesar USD1,33 miliar. Kondisi ini ditopang oleh surplusnya sektor nonmigas sebesar USD2,20 miliar sehingga mampu meningkatkan surplus neraca perdagangan dibanding bulan sebelumnya yang hanya USD530 juta.

Meskipun demikian nilai ekspor dan impor Indonesia pada bulan ini merupakan yang terendah sejak 2010 lalu. Nilai ekspor Juli 2015 hanya berhasil mencatatkan angka sebesar USD11,41 miliar atau yang terendah sejak nilai ekspor hanya mencapai USD11,17 miliar pada Februari 2010.

Begitu juga pada impor. Nilai impor Indonesia pada Juli 2015 hanya sebesar USD10,08 miliar atau terendah sejak nilai impor hanya mencapai USD9,35 miliar pada September 2010.



(ABD)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /