Ini Komitmen Sutan Jika Divonis Bebas

Meilikhah    •    19 Agustus 2015 10:51 WIB
sutan bhatoegana
Ini Komitmen Sutan Jika Divonis Bebas
Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tipikor-----MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Terdakwa kasus suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013 di Kementerian ESDM, Sutan Bhatoegana punya nazar jika dibebaskan hakim. Sutan bakal jadi aktivis antikorupsi.

"Semua ini jalan Tuhan, dari Allah SWT. Saya percaya Allah SWT, kalau Allah SWT mengizinkan bebas, saya jadi pegiat antikorupsi. Tetap, konsisten," kata Sutan menjelang vonis majelis hakim di Pengadilan Tipikor, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (19/8/2015).

Sutan yakin majelis hakim memberikan kesempatan bagi dirinya untuk kembali menjadi pegiat antikorupsi. Seperti saat dirinya aktif sebagai petugas partai. Meski begitu, Sutan mengaku apapun yang akan menjadi keputusan majelis hakim akan diterimanya dengan lapang dada.

"Apapun keputusannya saya siap. Siap lahir batin," tukasnya.

Jaksa Penuntut Umum pada KPK menuntut Sutan hukuman 11 penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan. Dalam dakwaan, Jaksa mengungkap si 'Ngeri-ngeri sedap' ini menerima uang dari Waryono Karno sebesar USD140 ribu dalam pembahasan APBN 2013 Kementerian ESDM.

Tak hanya itu, bekas Ketua Komisi VII DPR ini juga didakwa menerima hadiah yakni satu unit mobil Toyota Alphard, uang tunai sejumlah Rp50 juta dari Menteri ESDM 2011-2014 Jero Wacik, uang tunai USD200 ribu dari bekas Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, dan mendapatkan rumah sebagai posko pemenangan dari pengusaha Saleh Abdul Malik.

Sutan dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHPidana.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

18 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /