Revisi Aturan JHT Stagnan, Menaker: Insya Allah Segera Rampung

Suci Sedya Utami    •    19 Agustus 2015 13:05 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Revisi Aturan JHT Stagnan, Menaker: <i>Insya Allah</i> Segera Rampung
Menteri Ketenagakerjaan Hahif Dhakiri (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Bali: Revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 terkait Program Jaminan Hari Tua (JHT) yang merupakan turunan dari Undang-Undang tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan hingga kini tak kunjung usai. Ternyata, aturan yang menjadi perdebatan tersebut masih tertahan di meja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menjanjikan pembaruan payung hukum yang memuat mengenai pencairan JHT ini akan sesegera mungkin dirampungkan. Ia tak menampik bahwa penyelesaian revisi tersebut menjadi penting bagi kesejahteraan masyarakat, utamanya bagi para pekerja.

Saat ini, proses finalisasi PP tersebut masih terus berlangsung. Finalisasi itu masih memerlukan waktu dan tidak bisa diselesaikan secara buru-buru. Bila dibandingkan dengan aturan-aturan lain yang stagnan penyelesaiannya dan memakan waktu hingga dua tahun, maka aturan JHT ini masih terbilang baru karena belum sampai satu tahun.

"Ya ini kan dunia, beda sama akhirat. Kalau dunia kan perlu proses. Insya Allah sesegera mungkin," tegas Hanif, ditemui usai membuka seminar internasional, di Nusa Dua, Bali, Rabu (19/8/2015).

Lebih lanjut Hanif menjelaskan, dalam revisinya nanti akan ada pengecualian bagi para pekerja yang di berhentikan (PHK) dengan alasan apapun, termasuk yang mengundurkan diri bisa langsung mencairkan dana JHT tanpa menunggu 10 tahun.

"Kan sebelumnya untuk yang kena PHK di PP 46 itu 10 tahun baru bisa mencairkan. Nah sekarang begitu yang bersangkutan PHK dan berhenti dia bisa mencairkan sebulan setelah berhenti bekerja, tidak ada minimal dia bekerja berapa tahun," pungkasnya.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /