Selesaikan Masalah Visa Haji, Pemerintah Diminta Kedepankan Diplomasi

Misbahol Munir    •    19 Agustus 2015 15:05 WIB
dpr adshaji 2015
Selesaikan Masalah Visa Haji, Pemerintah Diminta Kedepankan Diplomasi
Seorang calon jemaah haji kloter pertama asal Medan menjalani proses karantina di Asrama Haji Embarkasi Medan, Sumut, Minggu (31/8/2014),--Foto: ANT/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Abdul Fikri Faqih meminta Pemerintah mengedepankan diplomasi untuk menyelesaikan masalah visa haji.

"Problem ini (visa haji) terjadi dari tahun ke tahun. Penyelenggara haji dan umrah, dalam hal ini Kementerian Agama, harus melakukan diplomasi dengan Kerajaan Saudi Arabia," jelas Fikri Faqih dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/8/2015).

Hal itu disampaikan Fikri sebelum rapat dengan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Abdul Jamil, di Gedung DPR hari ini.

Fikri menyarankan Kemenag melakukan komunikasi yang baik dengan Kerajaan Saudi Arabia agar masalah visa haji bisa segera diselesaikan.

"Visa ini tidak akan keluar jika kita tidak melakukan kerja yang cepat, melakukan komunikasi yang baik dengan Kerajaan Saudi Arabia. Seharusnya, jauh-jauh hari dilakukan lobi dan komunikasi," paparnya.

Menurut dia, persoalan visa jamaah haji masih membayangi penyelenggaraan ibadah haji pada 2015 ini. Menjelang diberangkatkannya kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji pada Jum’at (21/8/2015) lusa, ternyata masih ada visa jamaah yang belum rampung.


(MBM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /