Terlalu Banyak Kewenangan, Kerja DPR Tak Fokus

Ahmad Mustaqim    •    19 Agustus 2015 16:07 WIB
dpr
Terlalu Banyak Kewenangan, Kerja DPR Tak Fokus
Kompleks DPR RI. (Metrotvnews.com/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kewenangan DPR belakangan ini dinilai terlalu banyak. Padahal, hanya ada tiga kewenangan pokok yang harusnya fokus dikerjakan DPR, yakni fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran. Kerja DPR jadi tidak fokus.

"Saya melihat kewenangan DPR saat ini ada lebih dari sepuluh," kata Direktur Pusat Studi Hukum Konstitusi Universitas Islam Indonesia (UII), Sri Hastuti Puspitasari dalam peringatan Pekan Konstitusi di Gedung Pascasarjana, Fakultas Hukum UII, Yogyakarta, Rabu (19/8/2015).

Sri mengatakan, kewenangan DPR sekarang semakin bertambah. Contohnya, memberikan persetujuan pengisian jabatan pejabat negara, persetujuan calon hakim agung, memberikan pertimbangan duta besar. Bahkan, DPR juga terlibat dalam persetujuan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Akhirnya, rencana program legislasi nasional tidak tercapai. DPR tidak fokus," ucap Sri.

Ia menilai, banyaknya kewenangan itu tak lepas dari amandeman Undang-Undang Dasar 1945 hingga adanya Undang-undang MPR DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3). 

Sri menilai DPR telah mengambil banyak porsi dan kewenangan. Dari yang semestinya hanya memberikan pertimbangan, sekarang DPR justru masuk pada proses feet and proper test.

Sri menyarankan agar DPR membuat tim panel yang terpisah khusus untuk menangani hal-hal di luar tiga tugas pokoknya. "Kalau tidak, tugas pokok DPR tidak akan pernah tercapai. Lagi pula, DPR itu kan prosesnya politik," jelasnya.


(SAN)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

9 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /