Prediksi Persaingan La Liga Spanyol 2015--2016

Achmad Firdaus    •    19 Agustus 2015 16:21 WIB
liga spanyol
Prediksi Persaingan La Liga Spanyol 2015--2016
Luis Suarez dikepung tiga penggawa Real Madrid (Foto: DailyMail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persaingan liga-liga top di Eropa akan komplet mulai akhir pekan ini. Sebab, kompetisi La Liga Spanyol dan Serie-A Italia akan memulai roda kompetisi musim 2015--2016.

Setelah tiga bulan rehat, 20 tim terbaik di Spanyol dan Italia akan kembali bersaing untuk memperebutkan gelar juara. Persaingan juga bakal semakin ketat lantaran tiap-tiap tim sudah memperkuat skuatnya.

Kita mulai lebih dulu dari persaingan La Liga Spanyol. Seperti biasa, kompetisi ini tiap musimnya hanya jadi milik Barcelona dan Real Madrid. Hal itu juga sepertinya akan terjadi di musim ini. Barca dan Madrid jadi favorit karena punya skuat yang jauh lebih baik dari 18 kontestan lainnya.

Musim ini, Barca yang berstatus juara bertahan melakukan sedikit perubahan, atau lebih tepatnya penambahan kekuatan. Perekrutan gelandang tangguh Aleix Vidal (Sevilla) dan Arda Turan (Atletico Madrid) dipastikan bakal membuat kekuatan Barca semakin menakutkan.

Akan tetapi, entrenador Luis Enrique tidak bisa langsung menurunkan mereka di awal musim ini. Sanksi FIFA memaksa Enrique baru bisa memainkan Vidal dan Turan selepas bursa transfer musim dingin, Januari mendatang.

Meski tanpa dua pemain tersebut, Barca diyakini akan tetap mampu tampil superior. Trio MSN (Messi-Suarez-Neymar) sepertinya masih akan jadi momok menakutkan bagi tiap barisan pertahanan lawan.

Bagaimana dengan pergerakan sang rival abadi? Real Madrid nampak sedikit "lesu" di jendela transfer musim panas ini. Tak ada pemain berlabel superstar yang didatangkan Florentino Perez pada tahun ini. Dua pemain mahal yang didatangkan ialah Danilo (FC Porto) dan Mateo Kovacic (Inter Milan).

Justru, berita besar yang dibuat Madrid di bursa transfer musim panas ini adalah penjualan ikon klub, Iker Casillas ke FC Porto. Selain itu, Madrid juga membuat gebrakan dengan merekrut Rafael Benitez sebagai pengganti Carlo Ancelotti di kursi kepelatihan.

Hal ini membuat Madrid sepertinya bakal kesulitan meladeni Barca dalam perburuan gelar juara musim ini. Para pemain Madrid tentunya butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan gaya yang diterapkan Benitez. Sementara Barca, mereka tidak butuh banyak adaptasi karena musim lalu sudah bekerja di bawah komando Luis Enrique.

Jika posisi dua besar hampir bisa dipastikan jadi milik Madrid dan Barcelona. Posisi tiga dan empat atau perebutan tempat di zona Liga Champions sepertinya bakal sengit.

Atletico Madrid masih menjadi yang terkuat untuk membayangi Madrid dan Barca. Kehadiran Jacksen Martinez yang direkrut dari Porto untuk menggantikan peran Mario Mandzukic, diyakini akan membuat lini depan Atletico tetap tajam.

Namun demikian, Atletico harus mewaspadai Valencia dan Sevilla yang punya potensi untuk memberikan persaingan di papan atas. Baik Valencia dan Sevilla juga sudah memperkuat skuat untuk menyambut musim baru.

Valencia memang tidak membuat gebrakan besar. Namun, keputusan mereka mempermanenkan Alvaro Negredo dari Manchester City membuat lini depan tim besutan Nuno Espirito Sansos tetap berbahaya. Duet Negredo dan Paco Alcacer bisa jadi ancaman buat lini pertahanan lawan. 

Sementara itu, Sevilla cukup aktif bergerak di bursa transfer musim panas ini. Untuk bisa bersaing di musim ini, pelatih Unai Emery memboyong sejumlah nama beken seperti Michael Krohn-Dehli (Celta Vigo), Adil Rami (AC Milan), Gael Kakuta (Chelsea), dan Ciro Immobile yang dipinjam dari Borussia Dortmund.

Selain ketiga klub di atas, beberapa klub lain yang punya potensi meramaikan persaingan di papan atas atau setidaknya zona Eropa, antara lain, Athletic Bilbao, Malaga, dan Villarreal.

Yang tak kalah menarik adalah sepak terjang tiga klub pendatang baru musim ini, yakni Real Betis, Sporting Gijon, dan Las Palmas. Mereka bertiga siap memberikan kejutan.

Partai Malaga kontra Sevilla akan menu pembuka La Liga 2015--2016, Sabtu 22 Agustus dini hari WIB. Sementara itu, dua kandidat juara Barcelona dan Real Madrid akan memulai perjuangannya di kandang lawan.

Barca akan bertandang ke markas tim yang mengalahkan mereka di ajang Piala Super Spanyol, Athletic Bilbao, Minggu 23 malam WIB. Sedangkan Madrid akan bertamu ke markas pendatang baru, Sporting Gijon, beberapa jam berselang atau Senin dini hari WIB.

Berikut Jadwal Lengkap Pekan Pertama La Liga 2015--2016:
Sabtu 22 Agustus 2015

01:30 WIB: Malaga vs Sevilla
23:30 WIB: Espanyol vs Getafe
23:30 WIB: Deportivo La Coruna vs Real Sociedad

Minggu 23 Agustus 2015
01:30 WIB: Atletico Madrid vs Las Palmas
03:30 WIB: Rayo Vallecano vs Valencia
23:30 WIB: Athletic Club vs Barcelona

Senin 24 Agustus 2015
01:30 WIB: Sporting Gijon vs Real Madrid
03:30 WIB: Levante vs Celta de Vigo
03:30 WIB: Real Betis vs Villarreal

Selasa 25 Agustus 2015
01:30 WIB: Granada vs Eibar



(ACF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /