Sutan Bhatoegana Ajukan Banding

Meilikhah    •    19 Agustus 2015 16:44 WIB
sutan bhatoegana
Sutan Bhatoegana Ajukan Banding
Sutan Bhatoegana usai dituntut JPU-----MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Terdakwa kasus suap dan gratifikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013 di Kementerian ESDM, Sutan Bhatoegana, akan mengajukan banding. Dia tak terima dengan putusan 10 tahun penjara dan pidana denda Rp500 juta subsider 1 tahun kurungan yang diketuk Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Pertama, sikap kita pasti banding ya. Banding kita ini sebenarnya kalau menurut tata krama yang biasa, hakim harusnya mempertanyakan dulu bagaimana sikap terdakwa. Ini kan tidak, ini suatu kejanggalan," ujar penasihat hukum Sutan, Eggie Sudjana, di Pengadilan Tipikor, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (19/8/2015).

Di tempat yang sama, Sutan mengaku sempat percaya diri bisa bebas dari jeratan hukum. Sebab, dia diberikan harapan oleh hakim. Menurut Sutan, upaya hukum yang ditempuhnya akan dipertimbangkan. Namun, kenyataannya harapan tersebut menurut Sutan palsu.

"Dikasih angin segar kita waktu itu, dan praperadilan akan dipertimbangkan. Tapi satupun tidak ada yang diungkapkan. Kemudian saksi ahli tidak ada, pledoi sama sekali enggak dianggap. Dan semua hampir 70 persen saya dengar, saya simak, copy paste daripada tuntutan dakwaan. Hampir enggak ada apa-apanya. Ya terus terang saja harus kita lawan. Kita harus banding," jelas Sutan.


Istri dan dua anak Sutan (MTVN.Meilikhah)

Sutan divonis bersalah telah melanggar Pasal 12 huruf a dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Dia terbukti menerima uang dari Waryono Karno sebesar USD140.000 dalam pembahasan APBN 2013 Kementerian ESDM, uang tunai USD200.000 dari Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Sementara penerimaan hadiah berupa uang sebesar Rp50 juta dari mantan Menteri ESDM Jero Wacik dan penerimaan satu unit Toyota Alphard tak terbukti.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /