Perbankan Masih Alami Kesulitan Salurkan Kredit ke Nelayan

Antara    •    19 Agustus 2015 17:03 WIB
bank mandiri
Perbankan Masih Alami Kesulitan Salurkan Kredit ke Nelayan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bank Mandiri Area Manado Hotman Nainggolan mengatakan perbankan di Provinsi Sulut pada dasarnya masih mengalami kesulitan menyalurkan kredit ke nelayan dan petani. Diharapkan, persoalan tersebut bisa segera terselesaikan.

"Memang diakui perbankan di Sulut masih sulit menyalurkan kredit ke nelayan dan petani di daerah ini, karena agak takut pengembalian pinjaman akan menunggak," kata Hotman, di Manado, Rabu (19/8/2015).

Dia mengatakan perbankan butuh peran pemerintah untuk memberikan jaminan sehingga dunia perbankan tidak takut membiayai sektor tersebut. Biasanya, kata Hotman, pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sektor perikanan dan pertanian memiliki kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) cukup tinggi.

NPL yang tinggi, lanjutnya, akan mempengaruhi performa dari bank itu sendiri, sehingga pihaknya sangat hati-hati dalam menyalurkan kredit. Jika pemerintah mengambil peran di semua sektor dengan adanya nilai tambah ke nelayan dan petani, maka produksi akan meningkat sehingga perbankan tidak segan-segan menyalurkan kredit.

Oleh sebab itu, masih kata Hotman, diversivikasi produk harus lebih ditingkatkan sehingga perbankan mudah masuk dalam pembiayaan. Perbankan, sebenarnya siap membiayai semua sektor namun tetap harus memperhatikan prinsip kehati-hatian, karena dana yang akan disalurkan nanti adalah milik masyarakat itu sendiri.


(ABD)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

38 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /