Jawa Timur Kehilangan 200 Titik Sumber Air

Amaluddin    •    19 Agustus 2015 17:42 WIB
kekeringan
Jawa Timur Kehilangan 200 Titik Sumber Air
Foto ilustrasi kekeringan. (MI/Palce Amalo)

Metrotvnews.com, Surabaya: Kemarau panjang yang melanda Jawa Timur mengakibatkan 200 titik dari 421 titik sumber air mengering. Muara Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas terancam kekeringan.

Data Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) sebagaimana dilansir Gubernur Jatim, Soekarwo, menjelaskan 200 Sumber air itu tersebar di lima gunung. Yakni gunung Arjuno, Penanggungan, Anjasmoro, Semeru, Kelud dan gunung Wilis. Kondisi itu membuat wilayah perkotaan yang menjadi muara DAS Brantas seperti Surabaya, Gresik dan Sidoarjo terancam kekeringan.

"Akibatnya, pertumbuhan panen gabah di Jatim turun dari 3,8 persen menjadi 3,2 persen," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (19/8/2015).

Pakde Karwo mengatakan pemerintah provinsi tidak bisa mengeluarkan kebijakan untuk hujan buatan. Sebab, kewenangan itu berada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Sebenarnya kami mau membuat hujan buatan, tapi itu kan bukan kewenangan Pemprov Jatim, tapi kewenangan dari BNPB," katanya.

Namun, Karwo mengklaim telah mengajukan permohonan hujan buatan ke BNPB. Tetapi, pihak BNPB menganggap Jatim belum perlu, sehingga hujan buatan digunakan di Jawa Barat. 

Selama kekeringan ini, kata Pakde Karwo, Pemprov Jatim melalui BPBD Provinsi Jawa Timur melakukan pengiriman air bersih untuk keperluan MCK warga. Beberepa daerah yang menjadi sasaran air di antaranya Sampang, Tuban dan sejumlah daerah lainnya.

Untuk wilayah sumber air, rencananya akan ditanami pohon kolang-kaling. Karena, pohon ini memiliki karakter menyimpan air. Namun, upaya tersebut ternyata masih terbentur dengan pembebasan lahan di kawasan Kota Batu. 

"Butuh lahan 100 hektar untuk ditanami pohon kolang-kaling. Masih terkendala dengan pembebasan lahan milik masyarakat untuk ditanami sayuran. Tapi dengan Perhutani kami siap untuk itu," pungkasnya. 


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /