BEI Implementasikan XBRL Secara Bertahap

Dian Ihsan Siregar    •    19 Agustus 2015 18:01 WIB
bei
BEI Implementasikan XBRL Secara Bertahap
BEI (ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengimplementasikan pelaporan keuangan emiten berbasis ‎Extensible Business Reporting Language (XBRL) dengan beberapa tahapan. Adanya tahapan ini diharapkan memberi kemudahan dalam pengunaannya.

"Ada beberapa tahap yang bakal dilakukan untuk implementasi laporan keuangan emiten XBRL," kata ‎Direktur Penilaian Perusahaan Samsul Hidayat, ketika ditemui dalam acara XBRL Asia Roundtable (XART) 2015‎, di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Adapun beberapa tahapan yang dimaksud, yakni pertama BEI akan melakukan implementasi kuantitatif report yang bersifat angka-angka. Kedua, BEI akan masuk ke tahap kualitatif report. "Jadi ini akan memudahkan BEI dan investor. Laporan datang cepat, akurat baik pelaporan ataupun analisa," tuturnya.

Samsul menambahkan, jika implementasi ini berjalan dan dirasakan baik oleh institusi lain, ke depannya sistem ini diharapkan dapat di adopsi oleh banyak pihak. “Kalau ini di rasakan baik untuk institusi lain, mungkin bisa menghadirkan sistem yang sama seperti kami gunakan," jelas dia.

Untuk ke depannya, Samsul berharap, ada perbaikan dari‎ sisi informasi yang disampaikan pelaku pasar (investor). Apalagi, sistem ini dapat mempermudah investor dalam mengambil tindakan dan keputusan.

"‎Jadi kalau financial report yang disampaikan BEI kan empat kali dalam setahun, kalau gunakan metode manual cukup lama dalam menganalisa dan distribusinya," pungkasnya.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

14 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /