BUMN Diminta Jadi Sumber Pendapatan Negara Selain Pajak

Eko Nordiansyah    •    19 Agustus 2015 18:45 WIB
bumn
BUMN Diminta Jadi Sumber Pendapatan Negara Selain Pajak
Ilustrasi salah satu Bank BUMN terbesar BNI MIM IRFAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ridwan Bae mengatakan, selama ini pemerintah hanya menjadikan penerimaan pajak sebagai sumber pendapatan negara, padahal Indonesia memiliki banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bisa diambil keuntungannya sebagai sumber pendapatan negara.

"Kurang lebih 70 persen rata-rata pendapatan negara kita didominasi pajak, 30 persen lain-lain. Negara kita ini makmur, negara subur, dengan berjuta potensi yang ada. Kenapa kita justru tergantung di pajak? Kenapa tidak mengerahkan potensi yang ada di BUMN?" tanya dia saat Rapat dengan Kementerian Keuangan di Ruang Rapat Banggar DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Komisi V fraksi Partai Golkar tersebut juga mengatakan, BUMN seharusnya bisa memberikan kontribusi bagi sumber pendanaan negara. Karena BUMN itu milik negara dan Kelompok ini harus berikan banyak kontribusi kepada negara. 

Dengan menarik pendapatan BUMN sebagai pendapatan negara, dirinya berharap pendapatan pemerintah juga bisa tinggi. 

"Saya minta penjelasan, bagaimana pendapatan menjadi tinggi tanpa mengurangi pajak dan kemudian transparansi APBN harus terbuka," sambung dia.

Sementara itu, Anggota Banggar DPR dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis menanyakan, pencatatan aset oleh pemerintah, padahal selama ini negara Indonesia dinilai memiliki kekayaan alam yang luar biasa namun hal tersebut tidak tercermin dari pendapatan pemerintah.

"Saya agak ragu tentang masalah aset. Karena karet pribadi itu dicuri orang, begitu juga negara. Sistem penentuan aset, formula apa yamg dipakai Kemenkeu? Karena kita dari kecil dibilang kaya raya tapi tidak berbanding lurus dengan data yang diberikan tadi," pungkas dia.



(SAW)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

7 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /