Warga Terdampak Waduk Jatigede Sukarela Bongkar Rumah

Ismail    •    19 Agustus 2015 20:44 WIB
waduk jatigede
Warga Terdampak Waduk Jatigede Sukarela Bongkar Rumah
Warga melihat Waduk Jatigede yang belum tergenang air di Sumedang, Jawa Barat. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Sumedang: Sejumlah warga yang terkena dampak waduk Jatigede yang berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Sumedang, Jawa barat, mulai membongkar sendiri rumah yang mereka tempati. Pembongkaran dilakukan karena rumah itu masuk area yang akan digenangi air.

Mereka membongkar sendiri rumahnya karena tidak punya biaya untuk membayar tukang. Sebanyak 500 unit rumah di wilayah Desa Sukamenak bakal tergenang oleh waduk Jatigede.

“Kami tak memiliki biaya untuk menyewa pekerja, lebih baik sendiri saja,” ujar Entit, 53, warga dusun Betok Desa Sukamenak. Rabu (19/8/2015).

Entit menambahkan, jika saat ini suaminya sedang membangun rumah di tempat relokasi, sehingga untuk membongkar rumah yang ada di wilayah genangan lebih memilih dikerjakan sendiri.

“Tapi, alhamdulilah sempat dibantu juga oleh anggota polisi dari Polres Sumedang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamenak Entjo menuturkan polisi ikut membantu pembongkaran karena warga kekurangan tenaga untuk membongkar rumanhnya.

"Desa berinisiatif minta bantuan polisi. Kebanyakan wanita yang membongkar karena pasangannya sedang membangun rumah di tempat relokasi," sebutnya.

Ditanya kenapa tidak menggunakan alat berat, Enjto mengatakan banyak bahan bangunan yang masih bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah barunya.

"Kalau pakai alat berat semuanya akan hancur. Kalau seperti ini (dengan tenaga manusia) kan banyak yang masih bisa dipakai dan dimanfaatkan lagi,” sebutnya.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /