Harta Karun Abad ke-18 Senilai Rp61 M Ditemukan

Willy Haryono    •    20 Agustus 2015 09:05 WIB
harta karun
Harta Karun Abad ke-18 Senilai Rp61 M Ditemukan
Koin emas Royal dari Spanyol pada abad ke-18 ditemukan di lepas pantai Florida, AS. (Foto: AFP / Queens Jewels LLC)

Metrotvnews.com, Florida: Kelompok pemburu harta karun menemukan tumpukan koin emas di lepas pantai Florida, Amerika Serikat. Koin-koin itu diduga kuat berasal dari kapal Spanyol yang tenggelam akibat badai pada abad ke-18.

Sepuluh kapal yang berlayar dari Havana ke Spanyol tenggelam akibat badai di lepas pantai timur Florida pada Juli 1715. Koin emas yang ada di salah satu kapal tenggelam ke dasar laut. 

"Lebih dari 350 koin emas, termasuk 9 koin tipe Royal, ditemukan pada Juli lalu. Penemuan luar biasa ini terjadi bertepatan dengan peringatan ke-300 tahun penemuan puing kapal tersebut," tutur Brent Brisben, kepala 1715 Fleet - Queens Jewels di akun Facebook, seperti dikutip AFP, Rabu (19/8/2015). 

Ini adalah penemukan besar kedua oleh pemburu harta karun dalam beberapa bulan terakhir. Juni lalu, mereka menemukan sekitar 50 koin emas dengan total nilai mencapai USD1 juta. 

Brisben mengatakan satu koin emas tersebut setara dengan USD300 ribu. 

"Koin Royal ini adalah contoh sempurna dari jenis koin saat itu. Koin itu dibuat atas perintah kerajaan untuk raja Spanyol," jelas Brisben. 

Berdasarkan hukum AS, pemerintah negara bagian Florida mendapat 20 persen dari total nilai penemuan harta karun di perairannya. 

(WIL)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

19 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /