Piala Eropa U-21: Belanda Cukur Rusia 5-1

- 10 Juni 2013 02:12 wib
Reuters/Ammar Awad/vg
Reuters/Ammar Awad/vg

Metrotvnews.com, Jerusalem: Timnas U-21 Belanda sukses mengatasi perlawanan sepuluh pemain U-21 Rusia dengan skor telak 5-1 dalam pertandingan kedua Grup B Piala Eropa U-21, Minggu (9/6), di Teddi Malcha Stadium, Jerusalem, Israel.

Hasil pertandingan belum menentukan lolos atau tersingkirnya Belanda dan Rusia karena masih tergantung hasil pertandingan Spanyol dan Jerman yang digelar setelahnya. Namun, Belanda berpeluang besar melangkah ke babak empat besar.

Belanda mendominasi penguasaan bola di babak pertama. Peluang terbaik diperoleh ketika Luuk de Jong menyongsong tendangan penjuru Adam Maher. Tapi, bola menghantam tiang gawang dan langsung diamankan bek Rusia.

Keadaan berubah pada Kebuntuan pecah di menit ke-38. ketika Georginio Wijnaldum berlari diagonal di depan kotak penalti lawan sebelum melepaskan tembakan jarak jauh. Bola meluncur ke pojok kanan gawang tanpa bisa dibendung Nikolai Zabolotnyi. Kedudukan 1-0 untuk tim Oranje bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Rusia kian sulit mengatasi tekanan Jong Oranje. Apalagi, bek Nikita Chicherin mendapat kartu merah dari wasit akibat menekel Adam Maher dari belakang.

Unggul jumlah pemain, Belanda makin beringas. Pada menit ke-61 Jong Oranje melebarkan kedudukan melalui sundulan De Jong memanfaatkan umpan silang Marco van Ginkel dari sayap kanan.

Gol balasan diciptakan Denis Cheryshev di menit ke-65. Striker muda Real Madrid itu dengan cepat menyambar bola muntah sundulan Alan Dzagoev yang menghantam tiang gawang.

Belanda terus menggempur pertahanan Rusia. Di menit ke-69, Ola John terlepas sendirian menyambut sundulan terusan De Jong dari umpan jauh di lini belakang. Dengan tenang John mengelabui Zabolotnyi dengan tendangan cungkilan ringan.

Keunggulan ini membuat pelatih Cor Pot rileks dan memasukkan sejumlah pemain pengganti berturut-turut yaitu Leroy Fer, Jordy Clasie, dan Danny Hoesen.

Baru satu menit bermain, Hoesen berhasil melesakkan gol keempat Belanda setelah memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti lawan. Gol penutup kemenangan Belanda dipersembahkan Fer setelah bertukar umpan dengan John pada menit kedua tambahan waktu. (Goal)

()

INGGRIS
SPANYOL
INDONESIA

Mata Najwa: Melawan Arus

02 September 2014 21:09 wib

Mata Najwa: Perbedaan pendapat merupakan hal yang umum terjadi dan dijamin kebebasannya dalam UU negara. Namun ternyata di negara demokratis ini, perbedaan pendapat dan pandangan justru sulit diterima di sejumlah partai politik.  Sejumlah anggota yang memilih untuk melawan arus, harus menghadapi resiko menerima sanksi.  Reformasi dalam partai politik pun seakan tak berbunyi. Sebagai pilar demokrasi, partai politik malah jadi sumber masalah. Kaderisasi tak berjalan, hanya mencari kawan yang sepaham, sementara idealism tak lagi diusung ke depan.   Namun sikap para politikus pun harus ditelaah.  Apakah keberpihakan mereka memang sungguh mengikuti hati nurani, mendengar suara rakyat dan idealisme atau hanya membungkus sikap pragmatis. Mata Najwa mengundang politikus senior Lily Wahid yang pernah membuat gebrakan di PKB. Lily melawan kebijakan partai saat duduk di kursi DPR, menggugat kasus Century dan mengusung hak angket mafia pajak. Serta Yusuf Supendi yang terus mengkritisi ketidak-adilan elit partai yang didirikannya, PKS. Dari jalur politik terkini, hadir pula sebagai narasumber politikus partai Demokrat, Ruhut Sitompul, politikus partai Gerindra, Harris Indra dan politikus partai Golkar, Nusron Wahid. Ketiganya menghadapi situasi yang berbeda-beda, meski sama-sama melawan arus kebijakan partainya dengan mendukung Jokowi. Pengamat politik, Yunarto Wijaya juga hadir untuk memberikan gambaran mengenai kondisi partai politik Indonesia saat ini.  Saksikan selengkapnya hanya di Mata Najwa, Rabu 3 September 2014 pukul 20:05 WIB di Metro TV.