Mobil Identitas Negara, RI Harus Belajar dari Luar Negeri

Dheri Agriesta    •    20 Agustus 2015 10:43 WIB
industri otomotif
Mobil Identitas Negara, RI Harus Belajar dari Luar Negeri
Pekerja sedang mempersiapkan mobil yang akan dipamerkan pada H-1 Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. FOTO: MI/SUSANTO

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. JK menyebut mobil merupakan identitas nasional, Indonesia pun harus belajar dari luar negeri.

JK mencontohkan beberapa negara besar di Eropa. Saat berbicara tentang Jerman, ingatannya langsung terlempar kepada pabrikan Mercedes Benz dan BMW. Serta Italia dengan mobil berukuran kecil seperti Fiat dan Inggris dengan Mini Cooper.

"Kalau Amerika itu mobil besar zaman dulu dan teknologi yang berkembang. Kalau Jepang itu mobil sedang yang efisien untuk memenuhi semua kebutuhan orang," kata JK di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015).

Berkaca kepada hal itu, mobil bisa menjadi identitas sebuah negara. Ia pun menyinggung perihal mobil nasional yang tak berjalan mulus. Penggarapan mobil nasional selalu naik dan turun.

Lagipula, kata JK, konsep mobil nasional juga sedikit mengambang. Belum ada kejelasan apakah komponen yang digunakan merakit mobil dari dalam negeri, atau sekedar merk yang nasional.

"Itu harus disesuaikan, harusnya kalau merk Indonesia harusnya komponennya juga truly dari nasional," kata dia.

Semangat industri nasional yang memiliki jaringan internasional dengan kerja sama yang baik sangat dibutuhkan untuk bersaing di dunia global. Industri di Indonesia tak bisa dimulai dari nol karena akan sulit bersaing.

"Kita sebagai industri tidak bisa mulai dari nol karena akan sulit cepat bersaing, tapi memang harus belajar dari internasional tapi tidak pula perlu diatur, harusnya diatur oleh masyarakat luas," kata JK.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

11 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /