Cerita Cinta dalam 99 Sajak

Putu Radar Bahurekso    •    20 Agustus 2015 13:23 WIB
buku baru
Cerita Cinta dalam 99 Sajak
Peluncuran buku 99 Sajak karya Yudhistira ANM Massardi (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyair Yudhistira ANM Massardi bercerita tentang cinta melalui buku yang baru saja diluncurkan, berjudul 99 Sajak.

Sesuai judulnya, di dalam buku ini terdapat 99 sajak yang dikemas tematik ke dalam 11 tema, dan setiap tema dieksplorasi dan dituliskan melalui sembilan sajak di dalamnya.

Semua sajak di dalam buku ini ditulis hanya dalam kurun waktu tiga bulan sejak Maret hingga Mei 2015.

"Saya menuliskan buku ini hanya dalam waktu tiga bulan. Selain sebagai penanda ulang tahun saya, ini juga penanda satu tahun umur jantung saya dioperasi," ucap Yudhistira saat membuka acara peluncuran buku di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2015).

Pada buku ini terdapat beberapa sajak yang mengangkat keresahan dan kritik sosial. Oleh Yudhistira, keresahan dan kritik sosial tersebut disampaikan dalam nada cinta.

"Pesan dan cerita yang ingin saya sampaikan melalui sajak-sajak saya kali ini adalah mengenai cinta. Cinta ini dikemas dalam 11 tema dengan sudut pandang berbeda. Sajak ini juga sebagai bentuk pernyataan untuk memercayai kembali kemanusiaan, keindahan, karena situasi negeri ini yang sekarang sedang parah," kata dia.

Penyair yang berusia 61 tahun ini menjelaskan, pada karya-karya sebelumnya dia lebih banyak menyampaikan dengan semangat berapi-api, berbeda dengan buku kali ini yang lebih lembut, sederhana, dan berbicara cinta.

"Sumber inspirasi saya dalam menulis karya kali ini adalah pengalaman pribadi hidup saya, dari apa yang saya alami sendiri. Saya operasi jantung, saya bersyukur masih dikasih umur panjang. Saya memperbanyak amal, membuat karya. Hal tersebut yang memacu membuat sajak ini," jelas Yudhistira.

Seniman Renny Djajoesman yang juga sahabat Yudhistira ikut berkomentar mengenai karya-karya sang penyair.

"Menurut saya, karya Yudhistira itu manis, segar, bebas, dan memiliki kemerdekaan di dalamnya," puji Renny.

Pada acara peluncuran buku ini tidak hanya dibacakan sajak. Penonton disuguhkan penampilan akustik yang menembangkan lagu Franky and Jane berjudul Angin dan Burung-burung, dan Perjalanan. Pun ditampilkan musikalisasi sajak.

Buku 99 Sajak merupakan buku keempat karya Yudhistira ANM Massardi. Buku-buku sebelumnya juga ditulis dalam bentuk syair puisi dan sajak.


(ROS)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

4 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /