Pedagang Luar Daerah Buru Beras Petani Sulteng

Antara    •    20 Agustus 2015 14:54 WIB
beras
Pedagang Luar Daerah Buru Beras Petani Sulteng
Ilustrasi (MI/Ardi)

Metrotvnews.com, Palu: Para pedagang luar daerah dalam sebulan terakhir ini banyak memburu beras produksi petani Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk diperdagangkan ke daerah masing-masing. Hal ini memiliki dampak terhadap stok beras di Sulteng.

"Kalau dahulu hanya pedagang dari Manado dan Gorontalo, sekarang ini pedagang dari Pulau Jawa juga datang membeli beras di Sulteng," kata Kepala Bulog Sulteng Mar'uf, di Palu, Kamis (20/8/2015).

Ia mengatakan pedagang luar daerah sekarang ini banyak berkeliaran di sentra-sentra produksi beras di Sulteng untuk mengumpulkan beras. Kehadiran mereka membeli beras petani, kata Ma'ruf, berpengaruh terhadap pengadaan beras stok nasional yang dilakukan Bulog Sulteng.

"Para pedagang luar mematok harga jauh di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP) sehingga Bulog harus berkerja keras bersaing dengan mereka," ujarnya.

Bahkan, lanjut Ma'ruf, para mitra Bulog (swasta) juga sulit merealisasi pembelian beras. Sebab harga di tingkat petani dan penggilingan padi mengalami kenaikan dan semakin menjauh dari HPP. HPP beras ditetapkan pemerintah adalah Rp7.300 per kg, sementara harga patokan pedagang luar mencapai Rp8.500 per kg.

"Otomatis petani dan penggilingan memilih menjual kepada para pedagang dari luar daerah," pungkasnya.


(ABD)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /