Hanya Buku Budi Pekerti yang Digunakan untuk Literasi

Intan fauzi    •    20 Agustus 2015 15:45 WIB
pendidikan
Hanya Buku Budi Pekerti yang Digunakan untuk Literasi
Buku uang digunakan untuk Gerakan Literasi Sekolah. (Foto:MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya menggunakan buku berkonteks budi pekerti untuk Gerakan Literasi Sekolah. Itu sejalan dengan slogannya, yaitu ‘Bahasa Penumbuh Budi Pekerti’.
 
"Kami literasi dalam konteks menumbuhkan budi pekerti, jadi kita cari bahan bacaan yang dapat menginspirasi budi pekerti yang bagus bagi peserta didik kita," kata Kepala Badan Bahasa Mahsun kepada Metrotvnews.com di Hotel Kartika Chandra, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan (20/8/2015).
 
Menurut Maksun, contoh budi pekerti yang baik bisa didapat dari cerita-cerita dongeng lokal. Hikayat itu sudah dihimpun oleh Badan Bahasa di bawah Kemendikbud dari beberapa tahun lalu dan jumlahnya mencapai 446 buku.
 
"Budi pekerti salah satunya ada di dalam dongeng lokal. Kebetulan Badan Bahasa beberapa tahun lalu sudah menghimpun cerita-cerita lokal itu, lalu kami koreksi," ujarnya.
 
Badan Bahasa dan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) bekerja sama untuk menyeleksi ratusan buku dongeng agar sesuai tujuan gerakan literasi sekolah. Buku tidak boleh mengandung unsur sara (suku, agama dan ras) dan memiliki diksi tepat.
 
"Lihat tokohnya, ada tidak yang bertentangan dengan sara, yang kita cari ketokohan kearifan lokal. Kita lihat diksi kata, kata-kata yang tidak pantas kami koreksi, berusaha hindari dan ganti dengan bahasa santun," katanya.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota meluncurkan gerakan literasi sekolah. Gerakan ini bertujuan menumbuhkan sikap budi pekerti luhur kepada anak lewat bahasa.
 
Gerakan literasi mewajibkan seluruh peserta didik mengawali kegiatan belajar dengan membaca literatur yang tak berhubungan dengan mata pelajaran di sekolah.


(FZN)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /