KPK Tuangkan Keberatan Kesaksian 2 Anak Kaligis di Kesimpulan

Deny Irwanto    •    20 Agustus 2015 15:46 WIB
oc kaligis tersangka
KPK Tuangkan Keberatan Kesaksian 2 Anak Kaligis di Kesimpulan
Nur Chusniah. Foto: Deny Irwanto/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi berencana mencantumkan keberatan terkait kesaksian dua anak Otto Cornelis Kaligis dalam sidang praperadilan. Di pengadilan yang dilangsungkan kemarin, dua putra Kaligis didatangkan jadi saksi fakta.   

Sebagaimana diketahui, kubu Kaligis selaku pemohon menghadirkan empat saksi fakta yang menurut KPK masih memiliki hubungan kekerabatan. Pada kesaksian sesi pertama, pemohon mendatangkan dua karyawan Kaligis bernama Aldira Teleta dan Desiana.

Di sesi kedua, tim pengacara pemohon mendatangkan dua anak Kaligis bernama Erik Kaligis dan Bernard Kaligis. "Keberatan kami sudah kami sampaikan ada dasar hukumnya. Di situ penafsiran dari undang-undang, ada kalimat 'dapat'. Kami karena takut adanya konflik kepentingan sehingga keterangannya pasti memihak kan, tidak dapat obyektif," ujar Plt Kepala Biro Hukum KPK Nur Chusniah saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (20/8/2015). 

Namun, pada kenyataannya, pada sidang kesaksian praperadilan kemarin, hakim tunggal Suprapto mempersilakan kehadiran saksi fakta yang didatangkan kubu Kaligis, baik karyawan maupun anak-anaknya untuk bersaksi. KPK pun akan melampirkan keberatan pada kesimpulan esok hari disidang lanjutan praperadilan.

"Dan hakim bilang mulai saja, yang penting nanti penilaiannya ada di hakim. Iya akan kami sampaikan keterangan keberatan kekhawatiran kami, kami sampaikan semua di kesimpulan," Nur menandaskan.

Kaligis mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 27 Juli. Praperadilan Kaligis terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Selain penangkapan dan penetapan tersangka, kuasa hukum Kaligis juga mempermasalahkan adanya isolasi terhadap ayah dari Velove Vexia tersebut, yang meyebabkan hak-hak dasar Kaligis yang seharusnya dapat bantuan hukum, bertemu keluarga, dan advokat tidak bisa dilaksanakan.

Kaligis resmi menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan. OC Kaligis diduga melanggar Pasal 6 Ayat 1 huruf a dan Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2010 Jo Pasal 64 ayat 1 Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.


(KRI)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /