2016, Kendaraan Umum di Batam Mulai Gunakan BBG

Antara    •    20 Agustus 2015 18:19 WIB
bbg
2016, Kendaraan Umum di Batam Mulai Gunakan BBG
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Batam: Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi IGN Wiratmaja mengatakan kendaraan umum dan mobil dinas di Kota Batam, Kepulauan Riau, akan menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) pada 2016 demi menyukseskan program Batam Kota Gas.

"Kendaraan umum menggunakan gas," singkat IGN Wiratmaja, di Batam, Kamis (20/8/2015), seraya menjelaskan bahw pemerintah telah mencanangkan Batam sebagai Kota Gas pada 2018. Karenanya semua elemen di masyarakat menggunakan bahan bakar gas, seperti rumah tangga, industri, termasuk kendaraan.

Ia menambahkan, demi mendukung penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan umum, maka Perusahaan Gas Negara (PGN) akan membangun beberapa SPBG di penjuru kota."SPBG satu dulu. Nanti akan dibangun beberapa," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga akan mengupayakan pemberian konverter kit bagi kendaraan umum, untuk memudahkan pengalihan penggunaan bahan bakar minyak ke gas. "Konverter kit, sebenarnya ada anggaran tahun ini, masih dalam proses," jelas dia.

Sampai saat ini, pengadaan konverter kit masih berada di bawah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sehingga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak dapat berbuat banyak. Namun, nantinya dengan payung hukum yang baru, kementerian terkait pun bisa menganggarkan pengadaan alat pengalihan bahan bakar untuk kendaraan itu.

Menurut dia, kini Presiden Joko Widodo tengah menggodok revisi perpres agar Kementerian Perhubungan, Kemenperin, dan Kementerian ESDM dapat ikut mengalokasikan anggaran pengadaan konverter kit. Selain menggunakan konverter kit, pemerintah juga mendorong industri otomotif memproduksi kendaraan dengan bahan bakar gas.

Sementara itu, demi mendukung Batam Kota Gas 2018, Kementerian ESDM juga memastikan ketersediaan pasokan bahan bakar itu. "Salah satunya dari WNTS, dari selatan ada Grisik dan Jambi Merang," pungkas dia.


(ABD)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 hours Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /