Mendagri Ancam Kepala Daerah yang Kerap Tinggalkan Wilayah

Erandhi Hutomo Saputra    •    20 Agustus 2015 19:34 WIB
pemerintahan
Mendagri Ancam Kepala Daerah yang Kerap Tinggalkan Wilayah
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: M Rodhi Aulia/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengecam perilaku kepala daerah yang kerap meninggalkan daerahnya. Bisa ke daerah lain, ke Jakarta atau ke luar negeri.

Tjahjo mengaku dirinya beberapakali menemukan kepala daerah yang beralasan sakit, sehingga tidak berada di wilayahnya saat para menteri atau presiden melakukan kunjungan kerja.

"Para kepala daerah kalau memang benar-benar sakit tentu saya mengizinkan untuk berobat di belahan dunia manapun. Tapi kalau untuk kunjungan-kunjungan ke luar negeri urgensinya apa," kata vTjahjo di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Dia menyebut, para kepala daerah tersebut selalu memiliki alasan atau rencana untuk keluar daerahnya setiap bulan. Tjahjo mencontohkan, pada minggu pertama kepala daerah kerap beralasan sakit. Lalu minggu selanjutnya beralasan ke luar negeri. Dinggu ketiga dan keempat juga beralasan ke luar negeri.

"Minggu ketiga izin keluar negeri, minggu keempat ke luar lagi. Kok enggak sekali jalan, apapun pejabat daerah itu waktunya (harus) banyak di daerah," ungkapnya

Untuk itu, Kemendagri selalu memperingatkan kepala daerah tersebut selalu berada di daerah yang mereka pimpin agar roda pemerintahan dan pelayanan publik berjalan lancar.

Tjahjo pun mewanti-wanti para kepala daerah yang sering berada di luar wilayahnya dan berakibat pencairan anggaran jadi tak optimal. Pemerintah, kata Tjahjo, tak segan-segan mengurangi dana alokasi khusus daerah tersebut. 

"Kalau penyerapan anggaran tersendat kita akan ada kebijakan khusus, sampai penyerapan anggarannya minim sekali, jangan salahkan nanti kalau ada pengurangan DAK," tukasnya.

Sebelumnya Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan menyebut, berdasarkan laporan Menteri Dalam Negeri banyak pejabat di daerah Papua dan Papua Barat yang banyak membuang waktu di Jakarta dan tempat lain.


(KRI)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 hours Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /