Kota Bandung Berlakukan Sehari Tanpa Nasi Setiap Senin

Roni Kurniawan    •    20 Agustus 2015 20:51 WIB
pangan
Kota Bandung Berlakukan Sehari Tanpa Nasi Setiap Senin
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mencicipi makanan dari umbi-umbian. Foto:MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) meluncurkan program On Day No Rice atau sehari tanpa nasi setiap Senin. Hal itu dilakukan sebagai kampanye mengurangi bakan makanan yang terbuat dari beras.

"Dipilih Senin karena kami ingin memadukan gerakn itu dengan pendidikan karakter berbasis agama," kata Emil, di SMPN 13 Bandung, Jalan Mutiara, Kamis (20/8/2015).

Menurut Emil, dua hal itu bisa menguatkan karakter warga Kota Bandung untuk memerangi krisis pangan. Selain itu, program yang diluncurkan di area sekolah ini bertujuan mengubah budaya kebergantungan terhadap nasi. Apalagi jumlah pelajar di Kota Bandung mencapai 700 ribu orang.

"Kita menyasar pelajar karena mereka masih mudah dididik. Mereka juga masih mencari nilai-nilai kehidupan yang bisa kita giring untuk memulai kultur baru," imbuhnya.

Selama sehari tanpa nasi, Emil meminta warga Bandung mengganti bahan baku beras dengan umbi-umbian.

Ke depan, Emil juga akan mencetuskan program sehari tanpa makan daging ayam untuk menghindari kelangkaan. "Saya pertimbangkan itu (satu hari tanpa ayam) karena tidak semua orang makan daging ayam setiap hari. Tapi, nanti akan saya pikirkan," pungkasnya.


(UWA)


Video /