Anggota DPR Prihatin, Rizal Ramli Ikut Campur Rencana Bisnis Garuda

Suci Sedya Utami    •    21 Agustus 2015 10:53 WIB
garuda indonesia
Anggota DPR Prihatin, Rizal Ramli Ikut Campur Rencana Bisnis Garuda
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikanti Handayani menyebut Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli telah mengobok-obok rencana bisnis maskapai PT Garuda Indonesia Tbk dengan komentarnya terkait pembelian pesawat oleh maskapai BUMN tersebut.

Sindiran tersebut dilontarkan saat Rapat Kerja Pertanggungjawaban Laporan Keuangan Kementerian BUMN antara Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Komisi VI DPR, Kamis (20/8/2015) malam.

"Saya sangat prihatin dengan tetangga nan jauh di sana yang mengobok-obok rencana bisnis Garuda. Mengobok-obok habis gelap terbitlah terang (pembangkit listrik)," ujar Endang, dari Fraksi Golongan Karya itu di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Menurutnya, pernyataan mengobok-obok ini diharapkan tidak terulang kembali karena akan mengganggu kinerja BUMN. "Kami sebagai anggota dewan Komisi VI Fraksi Golkar dari Dapil Jawa Tengah sangat prihatin, jangan sampai terjadi lagi karena dapat mengganggu kinerja BUMN," tuturnya.

Seperti diketahui, Rizal Ramli meminta pemerintah selaku pemegang saham Garuda Indonesia membatalkan pembelian pesawat jenis Airbus A350. Rizal beralasan, langkah tersebut diambil supaya pemerintah tidak menderita rugi.

"Beberapa minggu lalu saya ketemu Presiden saya minta tolong. Saya tidak ingin Garuda Indonesia bangkrut lagi karena sebulan lalu pinjam USD44,5 miliar dari China Aviation Bank untuk membeli Airbus A350 sebanyak 30 buah," kata dia.

Dia menuturkan, pesawat itu hanya cocok untuk penerbangan jarak panjang seperti Jakarta-Amerika dan Jakarta-Eropa. Padahal, tingkat keterisian untuk rute tersebut minim.

"Itu hanya cocok Jakarta- Amerika dan Jakarta-Eropa. Pengalaman Garuda Indonesia selama ini punya Jakarta-Amsterdam dan Jakarta-London penumpangnya 30 persen," tutur Rizal.

Berkaca pada pengalaman rekan sewilayah Singapore Airlines yang memiliki rute sama. Dia mengatakan maskapai tersebut juga mengalami rugi. "Saya katakan pada Presiden, 'Mas Singapore Airlines sekarang babak belur," kata Rizal Ramli.

Karena itu, pihaknya meminta membatalkan pembelian tersebut dan fokus untuk penerbangan domestik dan Asia. "Saya minta batalkan pembelian itu ganti pesawat lebih rendah kelasnya. Kita kuasai dulu pasar domestik," ujar Rizal. ‎


(AHL)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /