Biaya Haji Turun, Anggota DPR Minta Pelayanan Tetap Berkualitas

Pythag Kurniati    •    21 Agustus 2015 13:58 WIB
dpr adshaji 2015
Biaya Haji Turun, Anggota DPR Minta Pelayanan Tetap Berkualitas
Jemaah calon haji di embarkasi Donohudan, Boyolali, Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Boyolali: Biaya perjalanan haji turun cukup banyak yaitu  sekitar US$502 atau sekitar Rp6,5 juta. Namun itu bukan berarti pelayanan dari Panitia Persiapan Ibadah Haji (PPIH) ikut menurun.

Harapan itu disampaikan anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Fikri Fakih dalam pelepasan jemaah calon haji Jawa Tengah (Jateng) di embarkasi Donohudan, Boyolali, Jateng.

"Biaya awalnya dari US$ 3.219 menjadi US$ 2.717 tahun ini. Itu juga mengalami pembahasan yang cukup alot di DPR,” ungkap Fikri di depan ratusan jemaah calon haji, Jumat (21/8/2015).

Penurunan biaya perjalanan haji, kata Fikri, sebagai bentuk penghematan. "Misalnya, dulu jemaah harus melalui Jeddah lebih dulu selama enam jam dengan bus menuju Madinah," kata Fikri.

Tapi sekarang, jemaah sudah bisa langsung menuju Madinah tanpa harus melalui Jeddah. "Jadi penurunan biaya bukan alasan untuk menurunkan pelayanan," tuturnya.

Jemaah dari enam wilayah berangkat dari embarkasi Donohudan Boyolali. Lima kelompok terbang (kloter) tergabung dalam kelompok Misfalah, 21 kloter di Jarwal, lima kloter kelompok Raudhah, 13 kloter bergabung di kelompok Syisyah, 19 kloter di Mahbas Jin, dan 10 kloter dalam kelompok Aziziyah.

Hari ini, tiga kloter asal Cilacap dan Banyumas berangkat ke Tanah Suci. Kloter pertama terbang sekira pukul 11.00 WIB melalui Bandara Adi Soemarmo. Sementara dua lainnya masing-masing berangkat pukul 17.00 dan 22.45 WIB.


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /