Mobil Pemadam Kebakaran Sulit Jangkau Titik Api di Merbabu

Patricia Vicka    •    21 Agustus 2015 14:31 WIB
kebakaran hutan
Mobil Pemadam Kebakaran Sulit Jangkau Titik Api di Merbabu
Kebakaran hutan di Gunung Merbabu, Twitter

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kebakaran di Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMB) terus meluas. Tim pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena kondisi geografis Gunung Merbabu yang sulit dijangkau.

"Tempat yang terbakar sekarang ada di ketinggian. Medannya berupa padang rumput yang penuh semak belukar. Mobil kebakaran tidak dapat menjangkau titik api. Sehingga tim pemadam kebakaran dan relawan memadamkan api dengan berjalan kaki," ujar Kordinator perlindungan dan pengamanan TNGMB Kurniadi Wirawan melalui sambungan telepon di Yogyakrta, Jumat (21/8/2015).

Cara yang dipakai pun masih tradisional. "Tim membawa ember berisi air, gebyok, parang sabit untuk memadamkan api," kata Wawan.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Sujadi, lokasi kebakaran jauh dari mata air sehingga menambah kesulitan pemadaman.

"Kita agak kesulitan mendapat air karena lokasi kebakaran jauh dari mata air. Selain itu mata air disekitarnya banyak yang berkurang karena mengering musim kemarau. kali yang terdekat disana sudah habis airnya," kata Sujadi.

Hingga kini tim gabungan pemadam kebakaran yang berasal dari gabungan BPBD Jawa Tengah, BPBD Kabupaten Magelang, BPBD Klatan, BPBD Boyolali, TNI, Polri dibantu sukarelawan dan warga masih terus berusaha memadamkan sang jago merah.

Keseluruhan tim berjumlah sekitar 225 orang. Api kini sudah merembet ke Dusun Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang yang berjarak 22 Km dari titik awal api.
 


(RRN)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /