Pengembangan Kasus Century Terhambat MA

Yogi Bayu Aji    •    21 Agustus 2015 15:14 WIB
century
Pengembangan Kasus Century Terhambat MA
Gedung KPK------MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi akan mengembangkan kasus pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal sistemik. Namun, pengembangan kasus tertahan lantaran Mahkamah Agung tak kunjung menyerahkan salinan kasasi itu ke KPK.

Plt Pimpinan KPK Johan Budi S.P. mengakui, pihaknya belum mendapat salinan putusan. Johan mengaku pihaknya belum bisa mengembangkan kasus lantaran salinan putusan belum didapat.

"Saya tanyakan dulu ke Deputi Penindakan apakah salinan putusan BM yang berkekuatan hukum tetap itu sudah diterima atau belum," kata Johan saat ditanya soal pengembangan kasus tersebut, Jumat (21/8/2015).

Salinan putusan itu, kata Johan, menjadi dasar KPK untuk melanjutkan penanganan kasus. Untuk itu, lembaga antikorupsi perlu mempelajarinya putusan itu sebelum menjerat pihak lain yang diduga terlibat.

Terpisah, Plt Pimpinan KPK lainnya, Indriyanto Seno Aji, menegaskan, lembaga antikorupsi sudah proaktif meminta salinan putusan kasasi terhadap Budi Mulya. Namun, jelas dia, Mahkamah Agung yang memutus kasasi punya mekanisme sendiri.

"Kami tetap menunggu salinan asli resmi putusan MA tersebut dan selama ini memang belum ada," tutur dia.

Kasus ini diketahui melibatkan banyak pihak dalam pengucuran FPJP dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Sejumlah nama yang disebut salah satunya mantan Wapres Boediono, Ketua OJK Mulyaman Darmawan Hadad, mantan Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Goeltom. Namun sampai saat ini, baru Budi Mulya yang dipenjarakan KPK.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /