Ahok Tegaskan Warga Bisa Kembali ke Kampung Pulo

LB Ciputri Hutabarat    •    21 Agustus 2015 16:10 WIB
penggusuran kampung pulo
Ahok Tegaskan Warga Bisa Kembali ke Kampung Pulo
Petugas membongkar bangunan di Kampung Pulo. (Foto: MI/Galih)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama memastikan warga yang direlokasi ke Rumah Susun Sewa Jatinegara Barat dapat kembali ke Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.
 
“Mereka bisa balik lagi. Tapi, nanti setelah normalisasi sungai dan Rusun Kampung Pulo selesai dibangun,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/8/2015).
 
Ahok mengungkapkan, kawasan Kampung Pulo yang ada saat ini sangat padat dan kumuh. Selain itu banyak bangunan yang berdiri di atas lahan negara dan menyumbat aliran Sungai Ciliwung. “Kami mau bangun rusun juga di Kampung Pulo, tapi warga harus pindah dulu gitu loh,” ujarnya.
 
Ahok menyebutkan, pihaknya mempersilakan warga yang ingin kembali ke Kampung Pulo setelah pembangunan rusunawa rampung. "Kalau sudah jadi, kamu ingin tinggal dan injek lagi Kampung Pulo yang kamu bilang keramat, silakan saja," katanya.
 
Namun, saat ini warga harus direlokasi. Pasalnya, saat ini akan dipasang sheet piles di sepanjang pinggir kali. Pemprov DKI telah menyiapkan Rusunawa Jatinegara Barat sebagai tempat relokasi sementara.
 
"Kami butuh lahan untuk pasang sheet piles. Kalau yang tinggal di bantaran kali, saya tidak bisa toleransi. Kalau kamu ada surat sah resmi, saya bayar," ujarnya.
 
Ahok telah meminta kepada lurah dan camat untuk mengecek kepemilikan sertifikat warga. Jika mereka memiliki sertifikat, akan diganti dengan 1,5 kali luas tanah. Namun surat yang dimiliki oleh warga hanya akta jual beli bangunan di atas lahan negara.
 
"Begitu surat saya baca, suratnya hanya menyatakan jual beli bangunan di atas lahan negara. Berarti surat ini justru mengakui ini lahan negara. Terus bangunan kamu tanpa IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Bagaimana kita mau ganti," tegas Ahok.


(FZN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /