Tanggapi Ancaman APPHI, Mentan: Damai Itu Indah

Gervin Nathaniel Purba    •    21 Agustus 2015 16:36 WIB
kementan ads
Tanggapi Ancaman APPHI, Mentan: Damai Itu Indah
Mentan Amran Sulaiman (kedua dari kiri) (Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menanggapi santai adanya ancaman pelarangan pemotongan daging sapi yang diajukan oleh Asosiasi Pengusaha Pemotongan Hewan Indonesia (APPHI).

Sebelumnya APPHI sempat mengeluarkan surat edaran yang berisikan pelarangan kegiatan operasional rumah pemotongan hewan selama empat malam. Menanggapi hal ini, Amran hanya ingin berdamai saja dengan asosiasi tersebut dan pedagang.

"Begini saja. Ada slogan yang mengatakan bahwa damai itu indah," ujar Mentan Amran Sulaiman, saat ditemui di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).

Amran menjelaskan, berdasarkan hasil diskusi dengan Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Daging dan Feedloter Indonesia (Apfindo) Joni Liano, harga di pasar sudah pas dan dianggap sudah sesuai kebutuhan. Artinya, sudah tidak ada lagi yang perlu dipermasalahkan.

"Harga sudah dianggap pas dan sesuai kebutuhan. Lalu harga di pasar juga sudah stabil. Jadi tidak ada yang perlu dipermasalahkan lagi," ungkap Amran.

Sekadar diketahui, Mentan Amran Sulaiman bersama Sekjen dan Direktur Budi Daya Ternak melakukan pertemuan dengan Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Daging dan Feedloter Indonesia Joni Liano siang tadi. Dari hasil pertemuan itu, mereka sepakat untuk menenangkan keadaan bahwa harga daging sapi di feedloter turun Rp38 ribu per kilogram (kg).

Selain itu, Mentan akan membentuk tim khusus yang nantinya mengkomunikasikan segala permasalahan di feedloter ke Mentan. Harapan dengan adanya tim ini setiap permasalahan dapat teratasi secara teratur.


(ABD)

Video /