Buya Syafii: Atheis Berhak Hidup, Asal...

Ahmad Mustaqim    •    22 Agustus 2015 10:31 WIB
keagamaan
Buya Syafii: Atheis Berhak Hidup, Asal...
Buya Ahmad Syafii Maarif, MI - Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Orang atheis memiliki hak hidup di bumi. Tapi, kata tokoh senior Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, ada syarat mutlak yang berlaku dalam kehidupannya.

"Syaratnya (atheis untuk memiliki hak hidup) adalah ketulusan antarsesama. Ketulusan itu mengandung sikap, berbeda dalam perbedaan, dan berbeda dalam persaudaraan. Asal kita saling mengerti dan memahami," katanya dalam pidato budaya dalam peringatan bertajuk, Indonesia 70 Tahun, Kemerdekaan, Demokrasi, dan Partisipasi Masyarakat di Taman Beringin Bung Karno, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Jumat (21/8/2015) malam.

Buya, sebutan Ahmad Syafii Maarif mengaku pernah berbincang dengan pendeta dari Manado terkait hal itu di suatu ketika. Dalam perbincangan itu, Buya ditanya perihal bagaimana menjaga kerukunan. 

"Tulus," begitu Buya memberikan jawaban.  

Buya juga mengungkapkan tidak begitu dekat dengan mereka yang berbeda keyakinan. Namun, ia tetap merasa bisa cukup dekat dengan mereka.

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi contoh bagi internasional dalam hal toleransi. Meski demikian, cita-cita kedamaian di Indonesia harus terus menerus diperjuangkan.

"Egoisme masyarakat Indonesia itu masih terlihat begitu rupa, termasuk egois sejarah yang menyebabkan persaudaraan antarmanusia itu rancu. Kita perlu terus memupuk sikap saling kerja sama, saling membantu, dan menghormati. Damai itu aman dan nyaman," jelasnya.
 


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /