Mahasiswa UI Dilarang Jadi 'Kupu-Kupu'

Yogi Bayu Aji    •    22 Agustus 2015 10:46 WIB
pendidikan
Mahasiswa UI Dilarang Jadi 'Kupu-Kupu'
Rektor UI Muhammad Anis (Kanan)-----MI/Barry F

Metrotvnews.com, Jakarta: Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis melarang mahasiswa di lingkungan kampus kuning sekadar berkuliah. Mahasiswa harus punya kegiatan lain di luar kuliah, yakni dengan aktif berorganisasi.

"Jadi mahasiswa jangan jadi mahasiswa kupu-kupu, yang datang-kuliah-pulang. Lalu, empat tahun lulus," kata Anis dalam sambutan di pembukaan Orientasi Kehidupan Kampus UI 2015 bertema "Inisiatif Berkontribusi untuk UI dan Indonesia", di Balairung UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2015).

Menurut dia, sikap kupu-kupu macam ini tak akan menguntungkan mahasiswa. Kebalikannya, kata dia, mahasiswa justru merugi. "Kalau itu yang dilakukan, Anda sendiri rugi, bangsa ini juga rugi,"  jelas Anis.


OKK UI 2015-----(MTVN.Yogi)

Anis mengutip pernyataan mantan Menteri Koordinator Ekonomi Chairul Tanjung (CT) yang sempat mengisi acara di UI beberapa hati lalu. CT yang juga alumni UI, kata Anis, mengingat mahasiswa perlu aktif di kehidupan kampus.

"Kalau dengar dari Chairul Tanjung, 'ilmu pengetahuan kejar semaksimal mungkin. Tapi, jangan lupa juga berorganisasi. Kehidupan tak lengkap tanpa berorganisasi'," imbuh dia di hadapan 4.285 maba.

Guru Besar Teknik Metalurgi UI ini mengingatkan, mahasiswa untuk mengalahkan egonya masing-masing. Mereka, kata dia, tak boleh hanya mengincar kelulusan.

"Kalahkan egonya untuk pengabdian bangsa dan negara. Saya yakin untuk lulus, kalian bisa lulus," pungkas dia.


(TII)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

21 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /