Solo tak Butuh Go-jek

Pythag Kurniati    •    22 Agustus 2015 10:46 WIB
transportasiojek online
Solo tak Butuh Go-jek
Ilustrasi Go-jek versus regulasi, Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Kota Solo, Jawa Tengah, tidak membutuhkan transportasi kendaraan bermotor Go-jek. Masyarakat Solo justru fokus membutuhkan transportasi massal.

"Tidak ada Go-jek. Kita serius dengan transportasi umum," kata Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Budi Yulianto, dalam sebuah diskusi di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solo, Jumat (21/8/2015).

Pernyataan itu mengemuka setelah muncul kabar ojek berbasis online itu akan mengembangkan sayap ke sepuluh kota besar di Indonesia. Satu di antaranya Solo.

Budi memaparkan keberadaan Go-jek tak sesuai Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Dari Undang-Undang tersebut kan kita tahu komitmen dan visi misi pemerintah adalah untuk mengembangkan angkutan umum masal. Ya kita harus mendukung visi misi pemerintah. Sedangkan kendaraan roda dua tidak tercantum sebagai angkutan umum massal," imbuhnya.

Kendati demikian, kata Budi, keberadaan Go-jek menjadi tamparan bagi pemerintah untuk memperbaiki sistem transportasi publik. Go-jek muncul karena pemerintah belum mampu menyiapkan pelayanan maupun fasilitas angkutan umum yang memuaskan.

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat, mengatakan tidak mudah membangun sistem transportasi umum. Kemunculan Go-jek dapat mengubah sistem transportasi umum.

"Kota Solo tidak membutuhkan kendaraan seperti Go-jek. Yang kita butuhkan adalah perbaikan mengenai transportasi masal yang harus segera dilakukan," tuturnya.

Keberadaan transportasi publik di Kota Solo pun masih perlu pembenahan. Pasalnya Batik Solo Trans (BST) belum terintegrasi secara utuh. Selain itu, perlu pula adanya koordinasi dengan Kabupaten di sekitar Kota Solo dalam pengintegrasian Batik Solo Trans.
 


(RRN)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

2 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /