Stok Cabai Rawit Merah Aman

Gervin Nathaniel Purba    •    22 Agustus 2015 11:35 WIB
cabaikementan ads
Stok Cabai Rawit Merah Aman
Dirjen Hortikultura Kementan Spundik Sujono (tengah) saat operasi pasar di Pasar Induk Kramat Jati bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Gardjita Budi (kanan). FOTO: MTVN/Gervin Purba

Metrotvnews.com, Jakarta: Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Spundik Sujono melakukan operasi pasar cabai rawit merah bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) di Pasar Induk Kramat Jati.

Dalam operasi pasar ini, Spundik menegaskan sebenarnya stok cabai rawit merah tidak menurun secara drastis seperti yang diberitakan. Adapun stok cabai yang mencukupi tersebut, kata dia, membuat harga cabai rawit merah pun aman.

"Stok tidak turun secara ekstrem, aman saja. Menurut kami harga juga aman," ujar Spundik Sujono, saat ditemui bersama pihak Bulog, di di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (22/8/2015).

Dirinya mengaku sudah mengecek stok cabai rawit merah ke sentra-sentra pangan seperti Gelora, Rebang, Patih, dan Magelang. Dari hasil pengecekan itu, pemicu kenaikan harga cabai rawit merah adanya permainan oleh pengepul dan spekulan di tata niaga.

"Kami menduga adanya spekulan di tata niaga. Setelah cek ke sentra-sentra pasar pangan ternyata ada pengepul yang mengatur semuanya," jelas dia.

Oleh karena itu, dirinya akan mengatur manajamen tanam dan mengatur rantai pasok. Sehingga permasalahan transportasi menjadi tidak beban dalam pengiriminan barang ke daerah yang membuat harga menjadi mahal.

"Bulog cukup banyak menampung barang di gudangnya. Kita akan mengatur manajamen tanam dan mengatur rantai pasok," katanya.

Dia menambahkan, kenaikan harga ini hanya terjadi di Jakarta saja. Untuk itu dia ingin agar masyarakat Indonesia tetap tenang.


(AHL)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

4 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /