Ternyata, PGN Dapat Gas dari Pertamina

Annisa ayu artanti    •    22 Agustus 2015 15:32 WIB
pertamina ep
Ternyata, PGN Dapat Gas dari Pertamina
Pertamina EP Asset 2. FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Prabumulih: Meskipun PT PGN (Persero) merupakan salah satu perusahaan gas terbesar di Indonesia, ternyata bahan baku gas itu berasal dari  PT Pertamina EP Asset 2.

General Manager PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Ekariza, mengatakan, selain pelanggan yang ada di Sumatera selatan seperti PT Pusri (Persero), ternyata PGN menjadi salah satu pelanggan PT Pertamina EP Asset 2. Bila Pertamina EP Asset 2 tidak memasok kebutuhan gas PGN, kemungkinan PGN tidak bisa menjual apa-apa.

"Salah satunya pelanggan kita PGN. PGN kalau enggak ada gas dari kita enggak bisa ngejual apa-apa. Dari hulunya," kata Ekariza saat ditemui di Prabumulih, Sumatera Selatan, seperti diberitakan Sabtu (22/8/2015).

Dia menjelaskan, penyaluran gas di Pertamina Asset 2 memang tidak untuk dijual keluar negeri, di mana seluruhnya dijual di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Berdasarkan data yang ada di Pertamina EP Asset 2, pada Juli 2015, Pertamina EP Asset 2 telah menyalurkan gas ke PT Pusri sebanyak 146,91 MMSCFD, PT PGN sebanyak 145,6 MMSCFD, PT Asrigita Prasarana sebanyak 26,09 MMSCFD, PT Pertamina Refinery Unit III sebanyak 25,53 MMSCFD, Perta-Samtan Gas sebanyak 17,33 MMSCFD, PT PLN 16,7 MMSCFD, dan PT Ogspiras Basya Pratama sebanyak tujuh MMSCFD.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, produksi gas di Pertamina EP Asset 2 mencapai 1.041 MMSCFD. Angka ini merupakan produksi terbanyak serta menjadi penyumbang terbesar di Pertamina EP.

"EP gasnya 1.041 MMMSCFD sekitar 465-466 MMSCFD ada di Pertamina Asset 2," sebut dia.


(AHL)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

48 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /